Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Pengembangan Pendidikan Agama Islam

--- BUKU MURAH (ASLI bukan FOTOCOPY-AN/BUKAN BUKU BAJAKAN): " Buku MURAH BERKUALITAS hanya Rp.47.000,- (belum ongkos kirim) berjudul PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER (Yogyakarta: LKiS, 2015). Sebagai info harga buku ini di pasaran berkisar 70-90 ribu). Info lebih lanjut hubungi: 08563-350-350 (11 digit)”---

Thursday, June 21, 2012

SKRIPSI: UPAYA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MI NURUL HUDA NGLETIH PESANTREN KEDIRI

Link terkait tulisan atau kajian tentang sistem pembelajarandi sini

Baca juga:

1. Tesis Lengkap Karya A. Rifqi Amin (Tesis terbaik Tahun 2013)

2. Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguru Tinggi Umum (Buku karya A. Rifqi Amin pendiri blog Banjir Embun)


UPAYA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN
AKHLAKUL KARIMAH SISWA
DI MI NURUL HUDA NGLETIH PESANTREN KEDIRI


Oleh: Muji Efendi: 

(Guru MI Nurul Huda Jl. Raya Ngletih Kel. Ngletih Kec. Pesantren Kota Kediri)

(foto Muji Efendi, sumber foto: Facebook)



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN ......................................................................... ii
HALAMAN PENGESAHAN ........................................................................... iii
HALAMAN MOTTO ........................................................................................ iv
HALAMAN PERSEMBAHAN ....................................................................... v
KATA PENGANTAR ...................................................................................... vi
DAFTAR ISI ...................................................................................................... viii
DAFTAR TABEL ............................................................................................. xi
ABSTRAK .......................................................................................................... xii
BAB I : PENDAHULUAN
A.    Konteks Penelitian.............................................................................. 1
B.     Fokus Penelitian ................................................................................. 4
C.     Tujuan Penelitian ................................................................................ 4
D.    Kegunaan Penelitian ........................................................................... 4
E.     Definisi Operasional ........................................................................... 5
F.      Sistematika Penulisan ......................................................................... 5
BAB II : KAJIAN PUSTAKA
A.    Pembahasan Tentang akhlak............................................................... 8
1.      Pengertian akhlak.......................................................................... 8
2.      Dasar Akhlak ................................................................................ 8
3.      Pembagian Akhlak........................................................................ 9
4.      Tujuan Akhlak............................................................................... 9
B.     Karakteristik Akhlak Karimah ........................................................... 10
1.      Bersifat Universal ......................................................................... 10
2.      Kesesuaian dengan Akal .............................................................. 11
3.      Bersifat Individu .......................................................................... 12
C.     Upaya Pembentukan Akhlak Karimah................................................ 12
1.      Sarana Nasehat Yang Baik............................................................ 12
2.      Pembiasaan Akhlak Terpuji .......................................................... 16
3.      Komunitas Yang Baik .................................................................. 17
4.      Sarana Sanksi atau Hukuman........................................................ 18
5.      Keteladanan Yang Baik................................................................ 19
BAB III : METODE PENELITIAN
A.    Rancangan Penelitian ......................................................................... 23
B.     Lokasi Penelitian ................................................................................ 25
C.     Kehadirian Peneliti.............................................................................. 25
D. Sumber Data ........................................................................................ 26
D.    Prosedur Pengumpulan Data .............................................................. 27
1.      Pengamatan (Observasi) ......................................................... 27
2.      Wawancara (Intervieu) ........................................................... 27
3.      Dekumentasi ........................................................................... 28

E.     Teknik Analisis Data .......................................................................... 29
F.      Pengecekan Keabsahan Data ............................................................. 30
G.    Tahap-Tahap Penelitian ...................................................................... 30
BAB IV : PAPARAN DATA DAN PEMBAHASAN
A.    Paparan Data ....................................................................................... 31
1.      Sejarah berdirinya MI Nurul Huda................................................ 31
2.      Visi Misi MI Nurul Huda............................................................... 36
3.      Struktur Organisasi MI Nurul Huda.............................................. 37
4.      Keadaan Guru MI Nurul Huda...................................................... 37
5.      Data Siswa MI Nurul Huda........................................................... 39
6.      Sarana Prasarana MI Nurul Huda.................................................. 40
B.     Temuan Penelitian................................................................................ 42
C.     Pembahasan…………………………………………………………..44

BAB V  : PENUTUP
A.    Kesimpulan ......................................................................................... 51
B.     Saran ................................................................................................... 52
Daftar Pustaka
Lampiran
Riwayat Hidup


DAFTAR TABEL

TABEL I    KEADAAN GURU......................................................................... .38
TABEL II ...........................................................................................................  KEADAAN SISWA       .39
TABEL III SARANA PRASARANA............................................................... 41


ABSTRAK SKRIPSI

MUJI EFENDI, 2010: Upaya Madrasah Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di MI Nurul Huda Ngletih Pesantren, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Tribakti Kediri, Dosen Pembimbing DR. Ali Anwar, M. Ag.

Kata Kunci: Akhlakul Karimah  Siswa

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi selain menawarkan sesuatu yang serba praktis teryata tidak serta merta berdamtpak positif bagi siswa, dalam kaitannya ini, siswa harus mendapatkan bimbingan atau pengarahan oleh guru. Jangan sampai arus modernisasi tersebut menggerus kepribadian baik sang anak. Dalam hal tersebut sebagai lembaga pendidikan islam, madrasah dituntut untuk mengatasi tantangan yang ada dengan menerapkan strategi khusus untuk membentuk akhlak karimah siswa.
Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut:1) Bagaimana bentuk akhlakul karimah siswa di MI Nurul Huda?
2) Bagaimana upaya madrasah dalam membentuk akhlak siswa di MI Nurul Huda Ngletih Pesantren Kediri?
            Penelitian ini juga termasuk penelitian lapangan atau kancah  (field research). Data yang dikumpulkan berdasarkan observasi situasi yang wajar, sebagaimana adanya, tanpa dipengaruhi dengan sengaja, memasuki lapangan berhubungan langsung dengan situasi dan objek yang diselidikinya.
Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dimana penelitian ini dimaksudkan  untuk memahami fenomena tentang apa yang  dialami oleh obyek penelitian dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.
Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan  penelitian terhadap fenomena atau populasi tertentu yang diperoleh peneliti dari subyek yang berupa individu, organisasi, atau perspektif yang lain. Adapun tujuannya adalah untuk menjelaskan aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati dan untuk menjelaskan karakteristik fenomena/masalah yang ada.
Hasil penelitian yaitu mengetahui kebijakan apa saja yang telah dilakukan oleh MI Nurul Huda terkait pembentukan akhlak di sekolah. Adapun strategi atau cara yang dilakukan oleh madrasah antara lain, pembentukan akhlakul karimah melalui membiasakan anak berperilaku baik, memberikan keteladaan bagi siswanya, seta memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar tata tertib sekolah.
Saran-saran yaitu : kepada guru PAI  hendaknya lebih meningkatkan upaya-upaya pembinaan akhlak yang selama ini telah dilakukan yaitu salah satunya dengan menambah program-program kegiatan pembinaan akhlak dengan kegiatan yang berhubungan dengan akhlak dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari agar lebih dapat diamalkan dalam kehidupan siswa. Kemudian pengawasan yang diberikan lebih ditingkatkan untuk dapat mengurangi pelanggaran-pelanggaran terhadap tata tertib sekolah maupun tata tertib dalam masyarakat. Dalam hal kerjasama dengan semua pihak hendaknya lebih ditingkatkan, sehingga akan mencapai hasil yang maksimal serta sebagaimana yang diharapkan oleh semua pihak, baik itu sekolah, orang tua maupun masyarakat.
Agar menjadi manusia yang berguna bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan agama, maka sebagai generasi muda yang menjadi penentu baik buruknya bangsa, maka hendaklah sedini mungkin membiasakan untuk selalu bersikap baik dan berakhlak baik sesuai dengan ketentuan agama, bangsa dan negara.

No comments:

Post a Comment