--- SELALU ADA YANG BARU DI BLOG BANJIR EMBUN: "KAMI TIDAK MENGAMBIL KEUNTUNGAN MATERI DARI AKTIVITAS ANDA DI BLOG INI. BLOG BANJIR EMBUN ADALAH BLOG SOSIAL, BUKAN BLOG BERORIENTASI KEUNTUNGAN MATERI (LABA). Terima kasih atas kunjungan Anda”---

Kamis, 02 Agustus 2012

SKRIPSI: IMPLEMENTASI KELAS AKSELERASI (PERCEPATAN) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2010/2011


IMPLEMENTASI KELAS AKSELERASI (PERCEPATAN) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
DI SMA NEGERI 1 KEDIRI
TAHUN AJARAN 2010/2011

 

 

ABSTRAK



Nisa’, Dwi Haris Mastun. Implementasi Kelas Akselerasi (Percepatan) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Kediri Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri. Pembimbing: (1) Dr. Nur Ahid, M.Pd (2) Dra.Fartika Ifriqia, M.Pd.

Kata Kunci: Kelas Akselerasi, Pembelajaran, dan Pendidikan Agama Islam.

       Anak berbakat (gifted children) atau bisa disebut siswa cerdas istimewa (CI) memiliki kemampuan akademik yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan anak normal pada umumnya. Pada umumnya, mereka memiliki minat yang kuat terhadap berbagai bidang yang menjadi daya tariknya serta lebih otonom dalam membuat keputusan dan menentukan tindakan. Jika karakteristik ini tidak dipahami dengan benar oleh para pendidik dan orang tua, maka akan menimbulkan persepsi seolah-olah anak berbakat adalah individu yang keras kepala, tidak mau kompromi, bahkan ada yang secara ekstrim menilai bahwa anak berbakat memiliki sikap yang negatif. Oleh karena itu, diperlukan cara-cara khusus dalam mengelola atau memfasilitasi kegiatan belajar anak berbakat sehingga mencapai aktualisasi diri yang optimal.
Salah satu bentuk pelayanan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa adalah melalui kelas akselerasi (percepatan belajar). Dengan kata lain, Kelas untuk mempercepat masa studi bagi peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Yang berhak untuk mendapat perhatian khusus agar dipacu perkembangan prestasi dan bakatnya. Misalnya SD diselesaikan dalam 4 tahun, SMP dalam 2 tahun begitu juga dengan tingkat SMA.
Pendidikan agama adalah salah satu pendidikan yang mempunyai fokus untuk lebih memberikan nilai-nilai dan norma-norma yang memberi arah, arti dan tujuan hidup manusia. Dicantumkannya pendidikan Agama dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dalam Bab VI pasal 15 yang berbunyi: “jenis pendidikan mencakup pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan, dan khusus”. Hal ini merupakan suatu kebijakan politik pemerintah yang sekaligus memberikan rambu-rambu kepada pengelola dan pelaksana pendidikan Agama  yaitu untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki implikasi moral dan etika yang tinggi.
Oleh karena itu, menjadi penting Pendidikan Agama Islam bagi anak yang memiliki kecerdasan dan bakat tinggi. Sebagai proses penanaman nilai-nilai Islam kepada siswa. Sehingga tidak hanya menjadi siswa yang pintar, tapi juga siswa yang bermartabat dan bermoral. Yaitu memiliki keseimbangan antara kecerdasan intelektual, emosi, sosial dan spiritual. Berangkat dari latar belakang inilah, kemudian dalam penelitian ini diambil rumusan masalah: (1) Bagaimana implementasi kelas akselerasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kediri Tahun Ajaran 2010/2011?; dan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kelas akselerasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Kediri Tahun ajaran 2010/2011?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi kelas akselerasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Kediri Tahun Ajaran 2010/2011; dan (2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi Kelas akselerasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kediri Tahun Ajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan pendekatan berparadigma deskriptif-kualitatif, yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dan, jenis penelitiannya adalah menggunakan teknik analisis deskriptif (nonstatistik), yang dilakukan dengan menggambarkan data yang diperoleh dengan kata-kata atau kalimat untuk memperoleh kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa secara umum pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas akselerasi SMA negeri 1 Kediri adalah tidak jauh berbeda dengan pelaksanan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas reguler. Meliputi: kurikulum, metode, dan sistem evaluasinya. Hanya saja, yang membedakannya dengan kelas reguler adalah bahwa kelas  akselerasi diperuntukkan bagi anak-anak yang  cerdas luar biasa dan memiliki keunggulan dalam kecepatan berfikir. Dengan kurikulum yang dikembangkan secara berdiferensiasi sesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa berbakat. Yaitu, waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan pendidikan Kelas akselerasi lebih cepat dari pada Kelas reguler pada umumnya (2 tahun) dan adanya pendalaman-pendalaman lebih sesuai dengan kebutuhan siswa.
Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas akselerasi, ada Beberapa faktor yang mempengaruhi. Baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Beberapa faktor pendukung tersebut di antaranya :komunikasi yang baik dan hubungan emosional yang erat antara guru dan siswa, ketrampilan guru dalam penggunaan metode pembelajaran, sarana dan sarana pembelajan yang memadai, siswa akselerasi yang berkulitas, kemahiran siswa akselerasi dalam penggunaan media teknologi informasi, adanya Kelas khusus akselerasi yaitu peningkatan motivasi belajar , Klinik Mata Pelajaran  (KMP), maupun rapat guru yang membahas perkembangan pembelajaran kelas akselerasi, Sedangkan beberapa faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas akselerasi, di antaranya seperti: minimnya  kompetensi guru dalam penggunaan media teknologi informasi,  jumlah siswa akselasi yang sedikit sehingga menjadikan daya saing rendah atau kurangnya dana outbond, belum tersedianya peralatan manasik haji, dan adanya siswa yang memiliki latar belakang keagamaan yang minim. Adanya faktor pendukung dan penghambat tersebut tentu diharapkan dapat dijadikan patokan untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran terutama pada mata pelajaran PAI dalam kelas akselerasi selanjutnya.







DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN............................................................................... ii
NOTA KONSULTAN........................................................................................... iii
NOTA PEMBIMBING.......................................................................................... iv
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ v
HALAMAN MOTTO............................................................................................ vi
HALAMAN PERSEMBAHAN........................................................................... vii
ABSTRAK........................................................................................................... viii
KATA PENGANTAR........................................................................................... ix
DAFTAR ISI.......................................................................................................... xi
DAFTAR TABEL................................................................................................ xiv
DAFTAR GAMBAR............................................................................................ xv
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................ xvi
BAB I        : PENDAHULUAN............................................................................. 1
A.    Konteks penelitian........................................................................... 1
B.     Fokus Penelitian............................................................................... 5
C.     Tujuan Penelitian.............................................................................. 5
D.    Kegunaan penelitian......................................................................... 5
BAB II       : LANDASAN TEORI
A.                Kelas Akselerasi
    1. Pengertian Kelas Akselerasi........................................................   13
    2. Tujuan Kelas Akselerasi..............................................................   15
    3. Kurikulum Kelas Akselerasi .......................................................   17
    4. Manajemen Penyelenggaraan Kelas Akselerasi ..........................   22
a.       Rekrutmen Siswa...................................................................   22
b.      Bentuk Penyelenggaraan  Kelas akselerasi............................   25
B.         Pembelajaran Pendidikan Agama Islam............................................   28
    1. Pengertian Pendidikan Agama Islam..........................................   29
    2. Fungsi Pendidikan Agama Islam.................................................   31
    3. Tujuan Pendidikan Agama Islam................................................   36
    4. Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam..................................   39
C.         Implementasi Kelas Akselerasi dalam Pembelajaran
 Pendidikan Agama Islam..................................................................   44
1.      Aplikasi Kurikulum Kelas Akselerasi .........................................   44
2.      Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berbakat...........................   46
3.      Kegiatan Pembelajaran Kelas Akselerasi dalam Pendidikan Agama Islam                56               

BAB III     : METODOLOGI PENELITIAN
A.           Pendekatan dan Jenis Penelitian......................................................... 55
B.            Kehadiran Peneliti............................................................................... 56
C.            Lokasi Penelitian................................................................................. 57
D.           Sumber Data....................................................................................... 64
E.            Prosedur Pengumpulan Data............................................................... 64
F.             Analisis Data....................................................................................... 66
G.           Pengecekan Keabsahan Temuan......................................................... 67
H.           Tahap-tahap Penelitian........................................................................ 68
BAB IV     : LAPORAN HASIL PENELITIAN
A.           Gambaran Umum Objek Penelitian....................................................
B.            Paparan Data....................................................................................... 69
C.            Temuan Penelitian............................................................................... 84
BAB V       : PEMBAHASAN
A.            Implementasi Kelas Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kediri................................................................................................   10
B.            Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Kelas Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kediri.................................................................................
BAB VI     : PENUTUP
A.           Kesimpulan....................................................................................... 105
B.            Saran................................................................................................. 108
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 109
LAMPIRAN
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

0 komentar:

Poskan Komentar