Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Minggu, 14 Oktober 2012

ABSTRAK SKRIPSI: UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN PLANDI JOMBANG


UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTsN PLANDI JOMBANG

 Oleh: Miftahkul Munir

foto Miftahkul Munir. Sumber foto: Facebook

ABSTRAKSI
MIFTAKHUL MUNIR. Dosen pembimbing H. Syamsul Huda M.Ag dan wahidul anam, M.Ag.: Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Pendidikan di MTsN Plandi Jombang, Pedidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2009.

Kata kunci: Kepala sekolah, pengembangan mutu pendidikan

            Kepala sekolah adalah seorang pemimpin yang memegang peranan penting dalam perkembangan sekolah, maka seorang kepala sekolah dituntut untuk selalu berusaha mengembangkan mutu pendidikan yang ada. Untuk itu perlu adanya upaya yang nyata dari kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di sekolah. Dalam penelitian ini akan mengangkat sebuah tema dengan judul upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTsN Plandi Jombang. Adapun fokus yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana upaya kepala dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTsN Plandi Jombang? (2) bagaimana implikasi dari upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTsN Plandi Jombang? (3) Hambatan-hambatan dari pengembangan mutu pendidikan di MTsN Plandi Jombang?  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuai upaya yang di lakukan oleh kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan, implikasi dari upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTsN Plandi Jombang.
            Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti di lapangan sangat penting, karena sebagai pengumpul data dengan lokasi penelitian di MTsN Plandi Jombang. Prosedur pengumpulan data, yaitu dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber data yaitu kepala sekolah, guru, tata usaha (karyawan), komite, dan siswa. Adapun analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan.
            Dalam penelitian ini dihasilkan dua temuan, yaitu: 1) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan di MTsN Plandi Jombang antara lain: (a) peningkatan pembangunan sarana dan prasarana. (b) menjalin hubungan dengan masyarakat (Humas). (c) pengelolaan keuangan. (d) pengelolan pengajaran. (e) pengelolaan kesiswaan. (f) peningkatan profesionalisme guru. 2) Implikasi dari upaya kepala sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan antara lain: (a) prestasi belajar siswa meliputi peningkatan nilai rata-rata kelas, pemenang lomba keagamaan, pemenang lomba mata pelajaran, pemenang lomba olah raga. (b) menjadikan guru professional. (c) belajar siswa efektif dan efisien. 3) Hambatan-hambatan dari pengembangan mutu pendidikan di MTsN Plandi Jombang.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar