Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Pengembangan Pendidikan Agama Islam

--- BUKU MURAH (ASLI bukan FOTOCOPY-AN/BUKAN BUKU BAJAKAN): " Buku MURAH BERKUALITAS hanya Rp.55.000,- (belum ongkos kirim) berjudul PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER (Yogyakarta: LKiS, 2015). Sebagai info harga buku ini di pasaran berkisar 70-90 ribu). Info lebih lanjut hubungi: 0856-3350-350 (11 digit)”---

Wednesday, October 10, 2012

COURSE OUTLINE: EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM


COURSE OUTLINE MATAKULIAH
PROGRAM PASCASARJANA STAIN KEDIRI
TAHUN AKADEMIK 2011/2012
I. IDENTITAS
A.    DOSEN
1. Nama     : Prof. Dr. H. Sutrisno, M Ag
2. Alamat  : Sambisari RT 03 RW 02 Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogya
3. Hp/Emai: 08122943503/ trisno_63@yahoo.com
B.     MATA KULIAH
MATAKULIAH              : Evaluasi PAI
BOBOT                            : 3 Sks
PROGRAM                      : Magister (S2) Reguler
PROGRAM STUDI         : Pendidikan Agama Islam (PAI)
SEMESTER                      : III
II.    DESKRIPSI MATAKULIAH
Matakuliah ini menjadi matakuliah wajib bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) PPS STAIN Kediri. Kompetensi pada bidang Evaluasi PAI menjadi salah satu penentu bagi mahasiswa untuk mencapai keahlian dalam Magister Pendidikan Agama Islam.
Sebagaimana diketahui bahwa salah satu sebab utama ketidak beresan mata pelajaran PAI adalah karena evaluasinya kurang bagus. PP RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pasal 63 ayat (1) menyebutkan bahwa penilaian hasil belajar dilakukan oleh (a) pendidik, (b) satuan pendidikan, dan (c) pemerintah. Selanjutnya, pada pasal 64 ayat (1) disebutkan bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik sebagaimana dimaksud dalam  pasal 63 ayat (1) butir a dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.
Secara khusus pada pasal 64 ayat (3) dinyatakan bahwa penilaiah hasil belajar kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dilakukan melalui pengamatan untuk menilai perkembangan aspek afeksi dan kepribadian peserta didik, serta  ujian, ulangan, dan/atau penugasan untuk aspek kognitif. Pasal tersebut menunjukkan bahwa aspek yang dinilai pada kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia adalah aspek afektif  dan kognitif.  Untuk penilaian aspek kognitif dilakukan melalui ujian, ulangan, dan/atau penugasan, yang nilai akhirnya berupa angka. Sedangkan, untuk aspek afektif dilakukan oleh guru agama secara langsung melalui pengamatan terhadap perilaku dan sikap peserta didik, dan melalui laporan hasil penilaian guru mata pelajaran lain tentang akhlak peserta didik  berdasarkan pengamatan yang dilakukannya. Informasi tentang akhlak peserta didik yang disampaikan guru mata pelajaran lain digabung dengan hasil pengamatan yang dilakukan guru agama, kemudian dijadikan  bahan untuk menentukan nilai akhir aspek afektif dengan kategori sangat baik, baik atau kurang baik.
Secara garis besarnya matakuliah ini mencakup: (1) Evaluasi Pendidikan Agama menurut PP RI No 19 tahun 2005 ttg SNP khususnya ttg Standar Penilaian; (2) pengertian, tujuan, fungsi dan prinsip evaluasi PAI; (3) jenis, prosedur, dan pelaksana evaluasi PAI; dan (4) instrumen, pengolahan hasil, pelaporan dan pemanfaatan hasil evaluasi PAI.    
III. KOMPETENSI MATAKULIAH
Setelan mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat:
a.                          Memahami secara mendalam pengertian, tujuan, prinsip dan prosedur evaluasi PAI
b.                          Mengembangkan/menyusun instumen penilaian PAI baik aspek kognitif maupun afektif-kepribadian secara komprehensip
c.                          Melaksanakan evaluasi PAI secara benar
IV.STRATEGI PERKULIAHAN
Pada pertemuan pertama akan dilakukan perkenalan, dilanjutkan dengan kontrak belajar, dan pemaparan Course Outline Matakuliah. Pada beberapa pertemuan selanjutnya dosen akan menjelaskan pengertian, tujuan, prinsip dan prosedur evaluasi PAI. Kemudian, dilanjutkan dengan pembagian tugas untuk menyusun instrumen penilaian PAI. Pada pertemuan selanjutnya, perkuliahan akan dilaksanakan dengan presentasi hasil rancangan instrumen penilaian PAI, cara pelaksanaan penilaian PAI dan pemanfaatan hasil penilaian PAI. Pada pertemuan terakhir, akan dilakukan penyimpulan terhadap hasil perkuliahan selama satu semester.
V. EVALUASI PERKULIAHAN
Evaluasi hasil perkuiahan akan dilaksanakan secara komprehensif dari 3 komponen sebagai berikut:
1. Kehadiran  dan Partisipasi kelas          
2. Kualitas rancangan instrumen penilaian PAI dan presentasinya                     
3. Ujian Akhir Semester                           
VI. DAFTAR PUSTAKA
Anderson, Lorin W., Assessing Affective Characteristics in The Schools, Boston: Allyn and Bacon Inc, 1981.
Angelo, Thomas A. and K. Patricia Cross, Classroom Assessment Techniques, Second Edition, San Francisco: Jossey- Bass Publishers, 1993.
Bloom, Benjamin S., et al., Taxonomy of Educational Objectives, Handbook 1 Cognitive Domain, New York: David Mckay Company Inc, 1956
Miller, John P., Humanizing the Classroom, Models of Teaching in Affective Education, Praeger Publishers, New York, 1976.
Permenag No 16 th 2010 ttg Pendidikan Agama pada Sekolah
PP RI No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan khususnya Standar Penilaian
Sutrisno, Islam Jalan Hidupku: Pendidikan Agama Islam untuk SMA dan SMK kelas X-XII, Cempaka Putih, Surakarta, 2007.
Waluchow, Wilfrid J., The Dimensions of Ethics: an Introduction to Ethical Theory, Canada: Broadview Press, 1953
     
VII. TIME LINE
Pertemuan Ke
Topik Perkuliahan

1
Perkenalan, kontrak belajar, outline perkuliahan

2
PP RI No 19 th 2005 tg SNP

3
Penilaian PAI menurut Standar Penilaian

4
Pengertian, tujuan evaluasi PAI

5
Fungsi dan prinsip evaluasi PAI

6
Jenis dan prosedur evaluasi PAI

7
Pelaksana evaluasi PAI

8
Penyusunan instrumen penilaian kognitif

9
Penyusunan instrumen penilaian afektif-kepribadian

10
Presentasi instrumen penilaian kognitif

11
Kelanjutan presentasi

12
Presentasi instrumen penilian afektif-kepribadian

13
Kelanjutan presentasi

14
Pengolahan dan  pelaporan hasil penilaian PAI

15
Pemanfaatan hasil evaluasi PAI

16
Penyimpulan hasil kuliah akhir semester


                                                                        Yogyakarta, 26 Februari 2012
                                                                                    Dosen


                                                                        (Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag)

No comments:

Post a Comment