--- SELALU ADA YANG BARU DI BLOG BANJIR EMBUN: "KAMI TIDAK MENGAMBIL KEUNTUNGAN MATERI DARI AKTIVITAS ANDA DI BLOG INI. BLOG BANJIR EMBUN ADALAH BLOG SOSIAL, BUKAN BLOG BERORIENTASI KEUNTUNGAN MATERI (LABA). Terima kasih atas kunjungan Anda”---

Kamis, 11 Oktober 2012

KORELASI ANTARA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 7 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2010-2011 ( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran PAI)


KORELASI ANTARA KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII
DI SMPN 7 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2010-2011
( Studi Kasus Pada Mata Pelajaran PAI)
 Oleh: MUALIMUL HUDA


ABSTRAKSI
MUALIMUL HUDA, Dosen Pembimbing Drs.Iskandar Tsani M.Ag, dan Noer Hidayah M.Si.: Korelasi Antara Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 7 kediri Tahun Pelajaran 2010-2011(studi kasus pada mata pelajaran PAI).

Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi Belajar Siswa
Sebagai seorang guru hendaknya selalu meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Salah satunya adalah kompetensi kepribadian guru. Kompetensi seorang guru turut menentukan keberhasilan dalam melaksanakan tugas pengajaran kepada siswa. Faktor penting dari kompetensi guru adalah untuk  meningkatkan motivasi belajar siswanya, karena gurulah yang memiliki peranan penting dalam pembelajaran dikelas. Berawal dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai: Korelasi Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN VII Kediri Tahun Pelajaran 2010-2011. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompoetensi kepribadian guru PAI kelas VII di SMPN 7 kediri, untuk mengetahui motivasi belajar PAI siswa kelas VII di SMPN 7 Kediri, serta untuk mengetahui korelasi Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas VII di SMPN VII Kediri Tahun Pelajaran 2010-2011.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 7 kediri yang beragama Islam  berjumlah 317 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian sebanyak 175 siswa, yang diambil dengan menacu pada tabel krejcie pada tingkat kesalahan 5%. Teknik pengambilan sample dilakukan dengan teknik Random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data statistik dengan rumus korelasi product moment.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh suatu kesimpulan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI DI SMPN 7 kediri tahun pelajaran 2010-2011 termasuk dalam kategori baik. Hal ini berdasarkan perolehan absolute score dengan nilai rata-rata (Mean) sebasar 130,86 . Sedangkan motivasi belajar siswa juga dalam kategori baik berdasarkan perolehan nilai rata-rata (mean) sebesar 116,55. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi, dapat tarik kesimpulan bahwa terdapat kjorelasi yang kuat dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PAI di SMPN 7 Kediri tahun pelajaran 2010-2011. Besarnya koefisien korelasi adalah 0,616, sedangkan hasil signifikansi korelasi didapatkan nilai = 10,2858. nilai tersebut lebih besar dari =1,654 pada tingkat kesalahan 5%. Sedangkan pada pengujian koefisien determinasi diperoleh hasil 0,37,94. hal ini berarti bahwa sebesar 37,94% kompetensi kepribadian guru mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 7 Kediri tahun pelajaran 2010-2011.


1 komentar:

  1. boleh mnta soft copy skripsinya gan?sy mw pake buat nmbah ilmu

    BalasHapus