Blog ini Tanpa Tampilan Iklan dan Tanpa Download Berbayar Sampai Kiamat!
--- SELALU ADA YANG BARU DI BLOG BANJIR EMBUN: KAMI TIDAK MENGAMBIL KEUNTUNGAN MATERI DARI AKTIVITAS ANDA DI BLOG INI. BLOG BANJIR EMBUN ADALAH BLOG SOSIAL, BUKAN BLOG BERORIENTASI KEUNTUNGAN MATERI (LABA). Terima kasih atas kunjungan Anda”---

Rabu, 10 Oktober 2012

SILABUS: Pengembangan Kurikulum PAI



 

Terima kasih, blog Banjir Embun telah dipercaya untuk digunakan sebagai referensi karya tulis oleh beberapa akademisi dan calon ilmuwan muda. Berikut puluhan BUKTI blog Banjir Embun mendapat kepercayaan masyarakat ilmiah (ilmuwan):

<<  Puluhan bukti blog Banjir Embun mendapat kepercayaan masyarakat luas  >>


Buku A. Rifqi Amin (pendiri Banjir Embun) berjudul: 




SILABUS PERKULIAHAN


A.  Identitas Matakuliah
1.    Nama mata kuliah                     : Pengembangan Kurikulum PAI
2.    Kode Matakuliah                       : PIK 203
3.    Bobot Sks                                  : 3 sks
4.    Kelompok matakuliah               : MKK
5.    Dosen                                        : Prof. Dr. H. Nur Ahid, M.Ag.

B.  Deskripsi Matakuliah
Mata kuliah Pengembangan Kurikulum PAI ini merupakan mata kuliah yang diarahkan untuk membahas berbagai perkembangan kurikulum di Indonesia, baik antara teori dengan realisasi, harapan  dengan kenyataan, perencanaan dengan pelaksanaan.

C.  Tujuan
Agar mahasiswa mampu menjelaskan pengembangan kurikulum, baik secara teori maupun praktek, mampu menjelaskan perkembangan kurikulum di Indonesia, khususnya kurikulum PAI, dan mampu membuat perencanaan kurikulum yang akan di gunakan sampai kepada pelaksanaan serta mampu mengevaluasi.

D.  Pendekatan Pembelajaran/Perkuliahan
Metode       : Ceramah, Tanya jawab, diskusi dan pemecahan masalah.
Tugas          : Harian individual, kerja kelompok, makalah individual
Media         : in-focus dan online.

E.  Evaluasi
1.    Partisipasi kehadiran di kelas langsung dan kelas online
2.    Tugas individual dan kelompok
3.    Ujian Tengah Semester
4.    Kualitas makalah
5.    Ujian akhir semester

F.   Materi Pokok Perkuliahan
1.        Hakekat Kurikulum
a.    Pengertian, Peran dan Fungsi Kurikulum
b.    Kurikulum Ideal dan Aktual
c.    Kurikulum Tersembunyi
d.   Kurikulum Pendidikan Islam
(John Wiles and Joseph Bondi, Curriculum Development: A Guide to Practice, 3-18; Murray Print, Curriculum development and design, 9-13; Hilda Taba, Curriculum Development, 231-243; Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 3-24;  Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran,3-30; Munir, Kurikulum Berbasis TIK, 27-51)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan pengertian dan fungsi kurikulum dalam dunia pendidikan, menjelaskan kurikulum ideal, aktual, tersembunyi, dan kurikulum pendidikan Islam.




1
 
 

2.        Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum PAI
a.    Implementers
b.    Adapters
c.    Developers
d.   Researchers
(Murray Print, Curriculum development and design, 17-20; Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, 27-30)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan peran guru sebagai implementator kurikulum, menyesuaikan kurikulum dengan situasi dan kondisi siswa, mengembangkan dan menyempurnakan kurikulum yang ada dan melakukankan penelitian kurikulum yang sedang berlaku sekaligus menyempurnakan.

3.        Peran Kepala Sekolah/Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum PAI
a.    Syarat Kepala Sekolah/Madrasah
b.    Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
c.    Tugas dan Peran Kepala Sekolah/Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum
(Rusman, Manajemen Kurikulum, 7-16)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan persyaratan dan kinerja  kepala sekolah/madrasah, menjelaskan tugas dan peran kepala sekolah/madrasah dalam mengembangkan kurikulum yang dilaksanakan.

4.        Landasan Pengembangan Kurikulum PAI
a.    Landasan Filosofis
b.    Landasan Psikologis
c.    Landasan Sosiologis
d.   Landasan Organisatoris
(Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 38-57; Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 57-75)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan landasan yang digunakan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan agama Islam, baik landasan filosofis, psikologis, sosiologis maupun organisatoris.

5.        Perkembangan Kurikulum Madrasah di Indonesia
a.    Pendidikan Agama sebelum Kemerdekaan
b.    Pendidikan Agama Pasca kemerdekan
c.    Madrasah Era SKB 3 Menteri
d.   Bentuk Struktur Kurikulum Madrasah
(Nur Ahid, Problematika Madrasah Aliyah di Indonesia, 91- 181; Abdul Rahman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, 11-52)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan pendidikan agama Islam sebelum dan setelah kemerdekaan, perkembangan madrasah sampai munculnya SKB 3 Menteri dan mampu menerangkan bentuk struktur kurikulum Madrasah.



6.        Komponen-komponen dan Model Pengembangan Kurikulum
a.    Komponennya berisi tujuan, isi/bahan ajar, metode/strategi mengajar dan evaluasi
b.    Model pengembangannya menurut: 1) Ralp Tyler, 2) Hilda Taba, 3) DK. Wheeler, 4) Beauchamp, dan 5) Rogers.
(Murray Print, Curriculum development and design, 60-91; John P Miller & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice, 175-203; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 102-112, 161-170; Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum, 35-54)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan tujuan kurikulum yang berdasar pada tujuan nasional, institusional dan instruksional, menjelaskan bahan/isi kurikulum yang akan disajikan, metode yang akan digunakan dalam mengajar, strategi yang dilakukan dalam proses belajar mengajar dan evaluasi yang digunakan serta model pengembangan kurikulum menurut para ahli.

7.        Macam-macam Konsep Kurikulum
a.    Kurikulum Akademik
b.    Kurikulum Humanistik
c.    Kurikulum Rekonstruksi sosial
d.   Kurikulum Teknologi
(Murray Print, Curriculum development and design, 45-56; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 81-101)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang kurikulum akademik, kurikulum humanistik, kurikulum rekonstruksi sosial dan kurikulum teknologik, serta sekaligus melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing.

8.        Pengembangan Kurikulum
a.    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum
b.    Prinsip Dasar Pengembangan Kurikulum
(John P Miller & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice, 117-141; A. Hamid Syarif, Pengembangan Kurikulum 69-74; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 150-159)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kurikulum; yaitu: sosial, ekonomi, politik dan lain-lain. Begitu pula hal-hal yang harus diperhatikan di dalam menyusun kurikulum.

9.        Desain Kurikulum dalam Pendidikan
a.    Kurikulum yang Berpusat pada Bahan Ajar
b.    Kurikulum yang mengutamakan Peranan Siswa
c.    Kurikulum yang Berpusat pada Masalah-masalah yang dihadapi Masyarakat
(Murray Print, Curriculum development and design, 93-106; Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 113-125)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan kurikulum berpusat pada materi yang akan diajarkan kepada siswa dan memberi tempat utama kepada siswa. Di dalam pendidikan dan pengajaran, yang belajar adalah siswa sendiri, guru hanya berperan menciptakan situasi, mendorong, memberikan bimbingan sesuai dengan kebutuan peserta didik. Disamping itu karena manusia adalah makhluk social selalu hidup bersama, maka dia harus disiapkan untuk hidup bersama dengan masyarakat.


10.    Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama di Pesantren, Sekolah dan Madrasah
a.    Kurikulum Pesantren
b.    Kurikulum Madrasah
c.    Kurikulum Sekolah
(Karel A. Steenbrink, Pesantren, Madrasah dan Sekolah, 165-200; Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, 197-212; Abdul Rahman Shaleh, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, 189-210)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang kurikulum yang ada di pesantren, madrasah dan sekolah yang masing-masing memiliki cirri khasnya sendiri-sendiri.


11.    Praktek Pengembangan Kurikulum di Indonesia
a.    Kurikulum Tahun 1967
b.    Kurikulum Tahun 1975
c.    Kurikulum Tahun 1984
d.   Kurikulum Tahun 1994
e.    Kurikulum Tahun 2004
f.     Kurikulum Tahun 2006
(Lias Hasibuan, Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan, 94-104; A. Hamid Syarif, Pengembangan Kurikulum, 74-77)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan orientasi dan perkembangan kurikulum di Indonesia, mulai kurikulum tahun 1967, 1975, 1984, 1994, 2006 sampai sekarang yang masing-masing memiliki kekurangan yang perlu disempurnakan agar kurikulum di Indonesia menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

12.    Sumber Daya Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum
a.    Pemanfatan Sumber Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran
b.    Manajemen Sekolah
c.    Strategi dan Model-model Pembelajaran
d.   Kualitas dan Kinerja Guru
e.    Monitoring Pelaksanaan Kurikulum
(Rusman, Manajemen Kurikulum, 121-402; UIN Malang, Materi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, 167-206 )

Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang memanfaatkan sumber belajar, penggunaan media pembelajaran, mengatur sekolah yang baik, membuat strategi dan menguraikan model-model pembelajaran, menjadi guru yang berkualitas dan memiliki kinerja yang baik dan sekaligus bisa memonitoring pelaksanaan kurikulum.



13.    Pengembangan KTSP Berbasis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
a.    Pengertian, Tujuan, Dasar dan Prinsip Pengembangan KTSP
b.    Komponen dan Proses Penyusunan KTSP
c.    Pengertian, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa melalui Mata Pelajaran, Muatan Lokal, Kepribadian dan Budaya Sekolah
d.   Perencanaan Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa
e.    Proses Pembelajaran, cara Penilaian dan Indikator Keberhasilan Kelas dan Sekolah.
(Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, 127-150; E. Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, 17-31), Kemendiknas, Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, 2-12.

Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang pengertian, tujuan, dasar dan prinsip pengembangan KTSP, menguraikan komponen KTSP dan proses penyusunan KTSP. Terkait dengan budaya dan karakter menjelaskan tentang pengertian, pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui mata pelajaran, muatan lokal, kepribadian,  budaya sekolah, perencanaan pengembangan budaya - karakter bangsa, selanjutnya proses pembelajaran, cara penilaian dan indikator keberhasilan kelas dan sekolah.

14.    Pengembangan Tujuan dan Isi Kurikulum
a.    Pengembangan Tujuan Kurikulum
b.    Pengembangan Isi Kurikulum
(Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, 99-113)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang mengapa tujuan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pengembangan kurikulm.  Sebab setiap rencana harus memiliki tujuan agar dapat ditentukan apa yang harus dicapai, serta apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, Demikian juga dengan halnya pengembangan isi kurikulum. Agar tujuan kurikulum bisa tercapai maka isi kurikulum harus bisa menunjang dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

15.    Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter
a.    Hakekat, tujuan dan fungsi pendidikan karakter
b.    Nilai-nila pembentukan dan proses pendidikan karakter
c.    Strategi pelaksanaan pendidikan karakter
d.   Pengembangan Kurikulum pendikan karakter di tingkat satuan pendidikan
e.    Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah
Kemendiknas, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, hal. 1-63

Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang hakekat pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, fungsi pendidikan karakter, nilai-nila karakter yang digunakan dalam membentuk kepribadian anak didik, proses pendidikan karakter, pengembangan kurikulum pendidikan karakter di MI/SD/MTs/SMP/MA/SMA dan pelaksanaan pendidikan karakter di madrasah/sekolah.

16.    Evaluasi Kurikulum
a.    Pengertian Evaluasi Kurikulum
b.    Objek Evaluasi Kurikulum
c.    Syarat Evaluasi Kurikulum
d.   Model-model Evaluasi Kurikulum
(Ralph W. Tyler, Basic Principles of Curriculum and Instruction, 110-125; John P Miller & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice, 309-325, Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, 172-190; A. Hamid Syarif, Pengembangan Kurikulum, 119-130; Peter F. Olivia, Developing the Curriculum, 480-495)

Deskripsi :
Tema ini menguraikan tentang pengertian evaluasi kurikulum, objek evaluasi kurikulum (tujuan, isi, metode/strategi pengajaran, media dan proses, syarat evaluasi kurikulum (tujuan, berkesinambungan, komprehensip, berfungsi ganda dan memiliki kriteria) dan model-model evaluasi kurikulum. 

G.      Sumber/Rujukan/Referensi
Ahid, Nur, Problematika Madrasah Aliyah di Indonesia, Kediri: STAIN Press, 2009.
------------, Pengembangan Pendidikan Islam menuju Pendidikan yang Bermutu di Era Globalisasi, Pidato Pengukuhan Guru Besar, Kediri: 2011
Hasibuan, Lias,  Kurikulum dan Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada, 2010
Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.
Kemendiknas, Pedoman Pendidikan Karakter, Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011
------------, Pedoman Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Jakarta: Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011
------------, Pedoman Sertifikasi Guru dalam Jabatan, Jakarta: Ditektorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 2010.
Miler, John P. & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice, By Logman USA, 1985
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005
Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2008
Mulyasa, E, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
Olivia, Peter F., Developing the Curriculum, new York: Harper Collins Publishers, 1992.
Ornstein, Allan C. and friends, Contemporary Issues in Curriculum, Boston-New York-London-Tokyo-Sydny: Printed in the United States ofAmerica, 2009.
Print, Murray, Curriculum development and design, Sydney Australia, Docupro, 1993
Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana Frenada Media Group, 2008
Shaleh, Abdul Rahman, Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2004
Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah dan Sekolah, Jakarta: LP3ES Dharma Aksara Perkasa, 1986.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bnadung: Remaja Rosdakarya, 1997
Syarif, A. Hamid,  Pengembangan Kurikulum, Surabaya: Bina Ilmu, 1996.
Taba, Hilda, Curriculum Development, New York: Chicago, San Fransisco, Atlant,:  Harcourt, Brace World Inc., 1962
Tiler, Ralph W., Basic Principles of Curriculum and Instruction, Chicago and London: The University of Chicago Press, 1949.
Wiles, John and Joseph Bondi, Curriculum Development: A Guide to Practice, Colombo Toronto London Melbourne, Merril Publishing Company, 1989.
PEMBAGIAN TUGAS MAKALAH
PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI
PASCASARJANA STAIN KEDIRI
2012

Kuliah
ke
T e m a
Pemakalah
Pembahas Utama
1
Hakekat Kurikulum dalam Pendidikan


2
Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum PAI


3
Peran Kepala Sekolah/Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum


4
Landasan Kurikuum PAI



5
Perkembangan Kurikulum Madrasah di Indinesia


6
Komponen-komponen dan Model Pengembangan Kurikulum


7
Macam-macam Konsep Kurikulum



8
Pengembangan Kurikulum: Faktor-faktor yang Mempengaruhi dan Prinsip Dasar Pengembangannya


9
Desain Kurikulum dalam Pendidikan


10
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama di Pesantren, Sekolah dan Madrasah


11
Praktek Pengembangan Kurikulum di Indonesia


12
Sumberdaya Pendukung Keberhasilan Implementasi Kurikulum


13
Pengembangan KTSP Berbasis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa


14
Pengembangan Tujuan dan Isi Kurikulum


15
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter



16
Evaluasi Kurikulum




0 komentar:

Poskan Komentar