--- SELALU ADA YANG BARU DI BLOG BANJIR EMBUN: "KAMI TIDAK MENGAMBIL KEUNTUNGAN MATERI DARI AKTIVITAS ANDA DI BLOG INI. BLOG BANJIR EMBUN ADALAH BLOG SOSIAL, BUKAN BLOG BERORIENTASI KEUNTUNGAN MATERI (LABA). Terima kasih atas kunjungan Anda”---

Rabu, 10 Oktober 2012

SILABUS: PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

SILABUS DAN RPP MATA KULIAH :
PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
PROGRAM PASCASARJANA STAIN KEDIRI
TAHUN AKADEMIK 2012/2013

Kode Mata Kuliah   : PIK 307
Nama Mata Kuliah  : Pengembangan Lembaga Pendidikan Agama Islam
Jumlah sks                 : 3
Dosen                         : DR. Mukhammad Abdullah, M.Ag.
Hari/Jam/Ruang     : Selasa / II dan III / H.202

PENGANTAR:   Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang perkembangan dan pengembangan Lembaga Pendidikan Islam. Perkuliahan diselenggarakan dalam bentuk ceramah, dan diskusi. Setiap topik ditulis dan disajikan oleh seorang mahasiswa atau lebih secara lisan dan menggunakan power point. Penilaian akhir didasarkan pada partisipasi dalam diskusi, kualitas makalah, dan penguasaan dalam penyajiannya. 


TUJUAN PERKULIAHAN/KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN:
1.      Mahasiswa dapat mendeskripsikan sejarah perkembangan Lembaga Pendidikan Agama Islam yang berkuaitas baik, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, hingga Perguruan Tinggi Agama Islam baik negeri maupun swasta.
2.      Mahasiswa dapat menguraikan hakekat dan misi Lembaga Pendidikan Agama Islam.
3.      Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai transformasi dalam Lembaga Pendidikan Agama Islam.
4.      Mahasiswa dapat menguraikan organisasi Lembaga Pendidikan Agama Islam.
5.      Mahasiswa dapat menjelaskan governansi pada Lembaga Pendidikan Agama Islam.
6.      Mahasiswa dapat mendeskripsikan system informasi di Lembaga Pendidikan Agama Islam.
7.      Mahasiswa dapat menerapkan system perencanaan di Lembaga Pendidikan Agama Islam.
8.      Mampu melakukan analisis SWOT terhadap Rencana Strategis Lembaga Pendidikan Islam yang dipandang memiliki kualitas baik oleh masyarakat.

KEWAJIBAN SETIAP MAHASISWA:
1.      Membaca dan menelaah buku-buku/bahan-bahan yang dipergunakan dalam perkuliahan ini.
2.      Hadir, berpartisipasi, mengerjakan tugas-tugas dalam perkuliahan.
3.      Menyusun sebuah makalah mengenai salah satu topic perkuliahan.
4.      Mengikuti Middle test dan Final test.
5.      Melaporkan Hasil Analisis SWOT Rencana Strategis salah satu Lembaga Pendidikan Agama Islam.





PENILAIAN:
1.      Keaktivan di kelas.
2.      Presentasi Makalah
3.      Ujian Tengah Semester / Middle Test.
4.      Ujian Akhir Semester / Final Test.
5.      Tugas Menyusun Rencana Strategis Lembaga Pendidikan Agama Islam.

DAFTAR TOPIK/KEGIATAN:

Minggu ke
Topik/Kegiatan
1
Orientasi dan Penjelasan
2
Sejarah Perkembangan Lembaga Pendidikan Agama Islam (Madrasah) di Indonesia
3
Hakekat dan Misi Lembaga Pendidikan Agama Islam (Madrasah) di Indonesia (Mengapa MI/MTs/MA itu ada?
4
Pengembangan Madrasah Ibtida’iyyah Negeri
5
Pengembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri Model
6
Pengembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri Reguler

Ujian Tengah Semester
7
Pengembangan Madrasah Ibtida’iyyah/Tsanawiyah/ Aliyah Negeri Terpadu
8
Perencanaan dan Pengembangan Rintisan Madrasah Bertaraf Nasional/Internasional
9
Sejarah Perkembangan Perguruan Tinggi Agama Islam
10
Hakekat dan Misi Perguruan Tinggi Agama Islam
11
Perencanaan dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam.
12
Analisis SWOT Lembaga Pendidikan Tinggi Islam (Studi Kasus).

Ujian Akhir Semester



REFERENSI:
1.      Beare, Hedley, Caldwel, Brin J. & Milikan Roos H., Creating an Excellent School: Some New Management Technique, London: Routledge, 1989;
2.      David Gordon B. Olson, Margareth H., Management Information System, New York: Mc Graw Hill Book Campony, 1984;
3.      Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (Edisi 4: Revisi). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.
4.      Dikmenum Dikbud. 1998/1999. Manajemen Peningkatan Mutu dalam Suplemen 2 Pelatihan Kepala Sekolah Menengah Umum. Jakarta: Depdikbud.
5.      Fajar, A.M. 1996. Mengembangkan Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Harapan dan Realita. Makalah Seminar di UIN Malang tanggal 23 September.
6.      Frymier, J. Cornbleth, C., Donmoyer, R., Gansneder, B.M., Jeter, J.T., Klein, M. F., Schwab, M. & Alexander, W.M. 1984. One Hundred Good Schools. West Lafayette, Indiana: Phi Delta Kappa.
7.      Gorton, R. 1977. School Administration: Challenge and Opportunity for Leadership.  Dubuque, Iowa: Wm. C. Brown Company Publisher.
8.      Hanson, E. M. 1991. Educational Administration and Organizational Behaviour (3rd Edition). Boston : Allyn and Bacon.
9.      Juran, J.M. Merancang Mutu: Ancangan Baru Mewujudkan Mutu ke dalam Barang dan Jasa (Buku ke 1 dan ke 2 ), Edisi Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
10.  Kholis, Nur, Mengenal Organisasi Pendidikan, Malang: Tarbiyah Press, 1997;
11.  Dimmock, Clive (Ed), School Based Management and school effectiveness, London: Raoutledge, 1993;
12.  Siagian Sondang, Management Strategic, Jakarta, Bumi Aksara, 1995;
13.  Effendy, Ek, Mochtar, Management: Suatu Pendekatan berdasarkan Islam, Jakarta: Bharata, 1996;
14.  Terry, George R., Prinsip-prinsip Management, terjemahan J. Smith D.F.M, Jakarta, Bumi Aksara, 1993.
15.  Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga, 2008)
16.  Mukhammad Abdullah, Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Kediri, STAIN Kediri Press, 2009.
17.  Muhaimin, Manajemen Pendidikan, 2009.
18.  Reynols, D. 1990. 'Research on School Organizational Effectiveness: the End of the Beginning, dalam R. Saran & V. Trafford (Eds). Research in Education Management and Policy: Retrospect and Prospect. London: The Falmers Press.
19.  Dan lain-lain.

0 komentar:

Poskan Komentar