Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Sabtu, 17 November 2012

SKRIPSI ABSTRAKSI: PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DAN PEMECAHANNYA (STUDI KASUS DI PLAY GROUP AL-MUWAZANAH PLOSOKLATEN KEDIRI)


PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DAN PEMECAHANNYA
(STUDI KASUS DI PLAY GROUP AL-MUWAZANAH PLOSOKLATEN KEDIRI)


Oleh:
MUH ROSIHUDDIN
(Mahasiswa S2 Program Pasca Sarjana STAIN Kediri Angkatan I. Selain itu ia
pernah Menjabat sebagai Ketua IPNU Kecamatan Plosoklaten, Kepala MI Al-Muwazanah II, dan Guru di MTs Al-muwazana serta MTs Darul Hikmah Ngancar)
 
 sumber foto: faceook


 
ABSTRAK

MUH ROSIHUDDIN , Dosen pembimbing Drs. ISKANDAR TSANI, M.Ag dan Dra. MUAWANAH, M.Pd. : Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Dan Pemecahannya( Studi Kasus Di Play Group Al-Muwazanah Plosoklaten Kediri. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2010

Kata kunci: Problematika Pembelajaran, Anak Usia Dini, Pemecahannya.

Pendidikan Agama Islam adalah sebagai dasar dalam menjalani kehidupan yang berpijak dari Al-Qur’an dan hadits. Agama adalah pedoman dan jalan menuju keselamatan, sedangkan pengetahuan adalah cahaya yang menerangi jalan kehidupan itu.. Berbagai hasil penelitian menyebutkan masa usia dini merupakan periode emas (golden age) bagi perkembangan anak. Masa ini sekaligus periode kritis bagi anak karena capaian perkembangan yang berlangsung sangat berpengaruh terhadap capaian perkembangan pada periode berikutnya hingga masa dewasa Sehingga sangat penting bagi anak usia dini untuk mempelajari Pendidikan  Agama Islam sebagai dasar baginya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini pastilah terdapat permasalahan yang menghambat pembelajaran tersebut. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti tentang : Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Dan Pemecahannya. Dengan fokus penelitian, a) Bagaimana problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dihadapi oleh Guru Play Group Al-Muwazanah? b) Bagaimana upaya guru Play Group Al-Muwazanah untuk mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun bentuknya adalah studi kasus. Metode yang digunakan untuk memperoleh data  dalam penelitian ini metode wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Data diperoleh dari sumber penelitian, yaitu Kepala Sekolah dan dewan guru Play Group Al-Muwazanah Plosoklaten Kediri.
Hasil penelitian diketahui bahwa problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di play group Al-Muwazanah adalah : Susah menghafal do’a-do’a pilihan dan surat-surat pendek, tidak fokus dalam belajar dan gaduh di dalam kelas, tidak memperhatikan guru ketika menyampaikan materi, suka memukul teman dan menganggap dirinya paling benar, mempunyai rasa takut berlebihan dan menangis di dalam kelas.Adapun upaya mengatasinya adalah : Membiasakan siswa membaca do’a-do’a dan surat-surat pendek, mengondisikan siswa dengan mengajak siswa bermain dan menyanyi bersama, menceritakan kisah-kisah nabi dengan penyampaian yang menarik dan komunikatif, menegur siswa yang melakukan kesalahan dengan lemah lembut dan memberi penghargaan kepada siswa melakukan perbuatan baik dengan memberinya pujian, memberikan perhatian yang penuh kepada siswa, bekerjasama dengan orang tua siswa untuk saling memperhatikan perkembangan siswa dan memberikan kasih sayang.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar