Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Pengembangan Pendidikan Agama Islam

--- BUKU MURAH (ASLI bukan FOTOCOPY-AN/BUKAN BUKU BAJAKAN): " Buku MURAH BERKUALITAS hanya Rp.55.000,- (belum ongkos kirim) berjudul PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER (Yogyakarta: LKiS, 2015). Sebagai info harga buku ini di pasaran berkisar 70-90 ribu). Info lebih lanjut hubungi: 0856-3350-350 (11 digit)”---

Tuesday, January 29, 2013

Media Pembelajaran Power Point untuk PAI

Terima kasih, blog Banjir Embun telah dipercaya untuk digunakan sebagai referensi karya tulis oleh beberapa akademisi dan calon ilmuwan muda. Berikut puluhan BUKTI blog Banjir Embun mendapat kepercayaan masyarakat ilmiah (ilmuwan):

<<  Puluhan bukti blog Banjir Embun mendapat kepercayaan masyarakat luas  >>
MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT
MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK
MTs Kelas VII Semester I



Mata Pelajaran            :   Aqidah Akhlak
Nama Madrasah          :   MTs Banjir Embun
Kelas/Semester            : VII/I
Standar Kompetensi   :  3. Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
Kompetensi Dasar      : 3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat,  khauf dan taubat
Indikator                     : 1.1 Siswa mampu menjelaskan pengertian ikhlas, taat, khauf, dan taubat menurut bahasan dan istilah
                                       1.2  Siswa mampu Menjelaskan pentingnya ikhlas, taat, khauf, dan taubat.
Media pembelajaran    :   Menggunakan power Point
Menggunakan Blog (hasil rangkuman siswa dimasukkan ke Blog http://www.banjirembun.blogspot.com)
Isi Power point            :  -    Menggunakan Teknik Hyperlink
-          Menggunakan animasi Gambar bergerak (bertipe GIF) buatan sendiri
-          Menampilkan video ice breaking yang masih mengacu dan berhubungan dengan mater i pelajaran.

Alasan menggunakan Power Point:
Mayoritas Siswa Kelas VII MTs Banjir Embun merupakan siswa yang belum mengenal komputer  secara biak bahkan belum pernah memegang komputer. Ketika di SD sebagian siswa-siswinya belum pernah diajarkan materi komputer baik secara teoritis dan praktek. Oleh karena itu penggunaan power point secara sederhana namun tetap dinamis  masih relevan digunakan dalam pembelajaran yang subjek didiknya berlatar belakang seperti yang disebutkan tersebut. Pengguaan LCD tanpa menggunakan media Power point misalnya hanya menampilkan Video akan menyebabkan siswa kurang mendalami materi pelajaran karena ada karakater atau gaya belajar siswa yang harus membaca teks bukan memahami fenomena yang ada di Video. Namun apabila hanya menampilkan materi dengan mengguankan microsoft Word tanpa ada dinamisasi atau variasi gambar/tampilan maka menyebabkan siswa akan jenuh.
Aplikasi atau program sebagai pendukung tampilan power point yang dinamis dan atraktif adalah:
   1.      Program PhotoScape v.3.2 untuk membuat tampilan gambar bergerak (tipe anigif). Berikut adalah gambar tampilan program tersebut:



     2.      Aplikasi/program paint untuk mengedit gambar. Di bawah ini adalah tampilan awal dari program tersebut:




 Deskripsi media         :
Media power point yang saya tampilkan mengandung:
   1.      Hyperlink alasan menggunakan menu ini adalah agar ukur tampilan power point tidak lambat karena terlalu besarnya ukuran file dan agar siswa termotivasi untuk memahami dan menggunakan dunia teknologi untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran yang semakin canggih.
    2.      Gambar bergerak (tipe.gif) alasan pengguanaannya adalah: agar tampilan tampak atraktif. Di mana gambar bergerak tersebut dibuat oleh saya sendiri dengan menggunakan program PhotoScape v.3.2 dengan alasan supaya bisa membumi dengan keadaan nyata dan gambar bergerak tersebut berbeda dengan gambar-gambar yang lainnya karena dibuat sendiri dengan edisi spesial (khusus).
    3.      Video sebagai ice breaking agar siswa tidak jenuh. Selain itu video mengandung materi pembelajaran menghadapi hidup yang berkaitan erat dengan topik yang sedang dibahas.
    4.      Gambar-gambar diam yang diambil dari bebarapa video, kemudian saya gunakan teknik  print screen setelah itu hasilnya diedit di aplikasi paint lalu disimpan dalam format JPEG.
   5.      Terdapat tabel dan skema (diagram) agar siswa sejak dini mulia terbiasa untuk memahami teks atau gambar yang berwujud tabel atau skema. Namun saya akan memberi penjelasan yang mendalam dan terperinci agar siswa terbantu untuk memahaminya.


Penjelasan PowerPoint dari Slide ke Slide:

Slide ke-1          : Berisi topik atau materi pelajaran beserta komponen lain sebagai penguat sekaligus cover atau pembuka presentasi power point.

Slide ke-2        : Berisi Pokok bahasan yang akan dipelajari bersama sebagai intisari dari tujuan Intruksional (tujuan pembelajaran) dalam satu kali pertemuan atau tatap muka. Dalam slide tersebut ber-background gunung Kelud karena daerah MTs Banjir Embun berada di sekitar Gunung Kelud sebagai upaya saya untuk membumikan dan mendekatkan siswa pada lingkungan sekitar yang realistis. Foto background gunung Kelud diambil sendiri oleh saya.

Slide ke-3        : Berisi tentang tuntunan gaya atau model belajar yang baik yaitu memahami jauh lebih baik dari pada menghafal. Penegasan ini digunakan untuk mengingatkan kembali pada siswa tentang bagamina cara belajar yang ideal.  Di sini saya akan menjelaskan pada siswa bagaimana cara-cara memahami sebuah definisi. Tampilan gambar di slide ini adalah salah satu tokoh protagonis dalam film kartun Transformer Prime Darkness Rising yang penulis ambil dari film dengan cara menggunakan print screen kemudian gambar dicopy paste kan ke program paint setelah itu di simpan dalam tipe JPEG. Alasan menggunakan gambar ini adalah karena siswa masih mengalami tahap perkembangan di tahap remaja awal sehingga menggunakan gambar tersebut diinginkan siswa dapat merasa berada di dunia yang pernah mereka lalui di masa anak-anak.

Slide ke-4        : Berisi pengertian-pengertain secara istilah dan bahasa yang di-link-kan ke file power point yang lain (menggunakan menu hyperlink). Sebelum saya mengklik link untuk menemukan jawaban dari pengertian tersebut saya memberikan kesempatan bagi siswa untuk memberikan pendapat arti dari kata-kata tersebut yang dikontekskan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian saya menuliskan hasil pendapat siswa di papan tulis atau mengetikkan pendapat siswa di laptop yang disalurkan pada LCD (saya menguasai cara mengatik sepuluh jari sehingga teknik mengetiknya dengan cepat dan tampak anggun).

Slide ke-5        : Menampilkan gambar bergerak (bertipe GIF) yang di dalamnya mengandung identitas MTs Banjir Embun dan tulisan interaktif. Alasan menggunakan gambar ini adalah agar siswa bisa kembali terfokus pada tampilan power point karena tampilan slide nya lebih membumi dan lebih dekat pada kebiasaan siswa namun tampilannya sangat atraktif dan modern. Dengan tampilan ini diupayakan agar siswa tergugah dan termotivasi untuk mengembangkan diri agar lebih baik dalam menguasai teknologi komputer terutama secara praktis.


Slide ke-6        : Berisi kalimat penggunggah siswa agar berimajenasi dan siswa terangsang untuk membangun presepsi dan mampu mendeskripsikan pengertian dari sifat-sifat terpuji pada Allah SWT.

Slide ke-7        : berisi materi pentinya sifat khauf dan taat pada Allah SWT karena dengan itu manusia akan bisa kembali pada Allah pada kondisi apapun misalnya saat memiliki suasana senang atau sedih.Menampilkan foto orang yang sedang berdoa menangis disertai tulisan sebagai penegasan.

Slide ke-8        : Berisi materi tentang pentinya sifat-sifat terpuji pada Allah yaitu Ikhlas, taat, Khauf, dan taubat. Ditampilkan dengan format tabel agar terjadi variasi tampilan dan agar siswa bisa terfokus pada kalimat-kalimat tertentu. Selain itu penggunaan tabel dimaksudkan agar kalimat yang digunakan cukup sederhana sehingga siswa bisa membangun kalimat sendiri yang lebih panjang sebagai bentuk latihan siswa merangkai kata atau membangun sebuah gagasan. Background yang ditampilkan adalah sungai belerang di lereng gunung Kelud yang gambarnya saya ambil sendiri.

Slide ke-9        : menampilkan gambar atau simbol bateri yang sedang melakukan charge (gambar bergerak tipe gif). Sebagai media agar siswa mengambil nafas yang dalam untuk mengumpulkan oksigen. Karena oksigen sangat penting sekalig bagi otak dan tubuh manusia sebagai pembakar i sari-sari makanan yang berada dalam darah sehingga menghasikan energi. Berfikir, melihat, mendengar, dan  menulis sangat menguras energi, kadang kala siswa lupa kalau tubuhnya memerlukan oksigen lebih dalam. Jika kebutuhan oksigen tidak disuplai lama kelamaan bisa menyebabkan tubuh lelah dan mengantuk.

Slide ke-10      : Berisi video tentang burung yang dengan tulus membantu burung lainnya. Setelah video ditampilkan pada siswa kemudian saya memberikan penjelasan pada siswa jika burung tersebut adalah manusia maka betapa indahnya jika pengorbanan dan ketulusan kita pada orang lian tersebut dikarenakan hanya untuk Allah, karena kita takut pada Allah, karena kita taat pada Allah, dan karena kita Ikhlas untuk Allah. Maka hal tersebut akan memiliki nilai tinggi di mata Allah. Inilah yang membedakan antar manusia dengan hewan, hewan tidak memiliki Iman sedangkan manusia memiliki iman. Di sini saya juga menampilkan gambar begerak (tipe anigif) sebagai panduan siswa untuk tetap fokus pada slide yang ditampilkan.

Slide ke-11      : Menampilkan gambar tokoh manusia yang protagonis dalam film kartun Transformer Prime Darkness Rising yang penulis ambil dari film dengan cara menggunakan print screen kemudian gambar dicopy paste kan ke program paint setelah itu di simpan dalam tipe JPEG. Saya akan menjelaskan pada murid bahwa gambar tersebut adalah bentuk kerjasama antar manusia untuk menyelesaikan permasalahan. Yang mana kerjasama tersebut diimplementasikan dengan pembagian tugas, yang satu naik sepeda motor dan yang lain naik mobil merupakan cara cerdas untuk memecah konsentrasi musuh. Gambar ini ditampilkan dengan tujuan agar siswa lebih kompak dan cerdas dalam membangun kohesifitas kelompok sehingga bisa menyelesaikan permasalahan. Karena saya akan menugaskan siswa untuk berkelompok pada slide selanjutnya.

Slide ke-12      : Menampilkan skema (diagram) pembagian kelompok untuk menemukan hikmah umat islam memiliki akhlak terpuji pda Allah. Alasan saya menggunakan skema adalah agar siswa terbiasa dalam memahami tampilan teks atau gambar yang berwujud skema.

Slide ke-13      : Menampilkan hasil diskusi dari siswa. Salah satu perwakilan kelompok siswa membacakan hasil diskusinya kemudian saya mengetikkan hasil diskusi tersebut yang ditampilkan pada layar LCD. Karena saya memiliki kemampuan mengetik sepuluh jari dengan cepat dan akurat maka cara ini merupakan solusi praktis agar tidak memakan waktu.  Selain itu agar siswa juga termotivasi untuk bisa mengetik sepuluh jari.
Slide ke-14      : Berisi tentang penutup dan tampilan gambar-gambar bergerak (tipe anigif) buatan saya sendiri sebagai bahan motivasi untuk siswa agar siswa bisa memanfaatkan teknologi untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Karena guru saja mampu membuat kenapa siswanya tidak bisa lebih baik?


untuk media pembelajaran power pointnya bisa minta langsung kepada manajemen Banjir Embun Corporation dengan nomer hp 08563 350 350

No comments:

Post a Comment