Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Sabtu, 04 Mei 2013

Contoh Abstraksi dan Outline Skripsi

Buku A. Rifqi Amin (pendiri Banjir Embun) berjudul: 


IMPLEMENTASI METODE CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS X-1 MAN PRAMBON TAHUN PELAJARAN 2010/2011

 Oleh:
LUTHFI DAMAYANTI

 Sumber Foto: Facebook
(Penulis adalah Alumni MAN Nganjuk dan STAIN Kediri, saat ini masih menjadi Mahasiswa Program Pascasarjana STAIN Kediri Angkatan ke-2)

ABSTRAKSI

LUTHFI DAMAYANTI, Dosen pembimbing Drs. MOH. ROIS, MA dan Dra. MUAWANAH, M.Pd. : Implementasi Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas X-1 MAN Prambon Tahun Pelajaran 2010/2011
Kata kunci: Metode Card Sort, Prestasi belajar Aqidah Akhlaq.

Permasalahan yang dihadapi pendidik adalah mempersiapkan peserta didik agar mampu menghadapi tantangan kehidupan, terlebih di era globalisasi. Sebab akhir-akhir ini aqidah dan akhlak para penerus bangsa telah tergerogoti oleh pengaruh dunia luar yang secara lembut terkikis oleh pengaruh dunia luar tersebut. Sehingga tugas pendidik adalah membuat agar para siswa termotifasi ketika pembelajaran berlangsung. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menerapkan metode baru seperti Card Sort. Karena dalam penerapan metode ini, siswa bisa ikut aktif dalam pembelajaran. Metode ini juga melibatkan fisik yang bisa meminimalisir kejenuhan yang ada. Berawal dari pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai: Implementasi Metode Card Sort Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Siswa Kelas X-1 MAN Prambon Tahun Pelajaran 2010/2011.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah, a) Apakah implementasi metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi siswa kelas X-1 MAN Prambon pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq? b) Sejauh mana implementasi metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas X-1 MAN Prambon? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah a) Untuk mengetahui apakah implementasi metode Card sort dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas X-1 MAN Prambon. b) Untuk mengetahui sejauh mana implementasi metode Card Sort dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq siswa kelas X-1 MAN Prambon.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Dengan subyek penelitian kelas X-1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi.
Hasil penelitian diketahui bahwa implementasi metode Card Sort bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-1 MAN Prambon. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penelitian bahwa prosentasi ketuntasan belajar pada pra siklus 65% meningkat 17% dalam siklus I yaitu 82%. Dan terjadi peningkatan pula pada siklus 2 sebesar 15% dengan ketutasan belajar pada siklus II sebesar 97%, dan pada sikus 3 ketuntasan belajar menjadi 100% dengan peningkatan 3% dari siklus 2. Pada siklus 1 siswa berdiskusi dan presentasi hasil diskusinya. Hal tersebut dirasa masih kurang bisa mencapai tujuan dar pembelajaran. Sehingga pada siklus berikutnya diadakan tanya jawab setelah presentasi hasil diskusi. Hal demikian juga membantu melatih mental siswa untuk berbicara di depan kelas dengan mengungkapkan pendapat yang dimiliki.


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERSETUJUAN........................................................................ i
NOTA KONSULTAN..................................................................................... ii
NOTA PEMBIMBING.................................................................................... iii
HALAMAN PENGESAHAN......................................................................... iv
HALAMAN MOTTO...................................................................................... v
HALAMAN PERSEMBAHAN...................................................................... vi
ABSTRAKSI................................................................................................... vii
KATA PENGANTAR..................................................................................... viii
DAFTAR ISI.................................................................................................... x
DAFTAR TABEL............................................................................................ xiii
DAFTAR LAMPIRAN................................................................................... xiv
BAB I : PENDAHULUAN............................................................................. 1
  1. Latar Belakang Masalah....................................................................... 1
  2. Rumusan Masalah................................................................................. 7
  3. Tujuan Penelitian.................................................................................. 7
  4. Manfaat penelitian................................................................................ 7
  5. Ruang Lingkup Penelitian.................................................................... 8
  6. Hipotesis Tindakan............................................................................... 9


BAB II: LANDASAN TEORI........................................................................ 10
  1. Tinjauan Tentang Metode Card Sort.................................................... 10
1.      Pengertian Metode Card Sort......................................................... 10
2.      Langkah-Langkah Metode Card Sort............................................. 13
3.      Kelemahan Dan Kelebihan Metode Card Sort............................... 15
  1. Tinjauan Tentang Prestasi Belajar......................................................... 16
1.      PengertianPrestasi........................................................................... 16
2.      Macam-Macam Prestasi.................................................................. 17
3.      Jenis-Jenis Prestasi.......................................................................... 17
4.      Pengertian Belajar........................................................................... 19
5.      Faktor-Faktor Prestasi..................................................................... 21
  1. Tinjauan Tentang Aqidah Akhlaq......................................................... 23
1.      Pengertian Aqidah Akhlaq............................................................. 23
a.  Pengertian Aqidah.................................................................... 23
b. Pengertian Akhlaq..................................................................... 23
2.      Tujuan pelajaran Aqidah Akhlaq.................................................... 28
D.    Penerapan Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq....... 29
BAB III: METODOLOGI PENELITIAN...................................................... 31
  1. Rancangan penelitian............................................................................ 31
  2. Lokasi Penelitian................................................................................... 32
  3. Sumber Data......................................................................................... 42
  4. Teknik Pengumpulan Data.................................................................... 42
  5. Teknik Analisis Data............................................................................. 43
  6. Tahap-Tahap Peneliti............................................................................ 46
  7. Kriteria Evaluasi Dan Refleksi............................................................. 50
BAB IV: HASIL PENELITIAN 52
BAB V: PENUTUP .................................................................................................. 80
  1. Kesimpulan ................................................................................................... 80
  2. Saran.............................................................................................................. 80
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 82
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

Tabel 1.Daftar nama guru/pegawai MAN Prambon tahun 2010/2011
Tabel 2.Data siswa MAN Prambon tahun 2010/2011
Tabel 3.Tabel rencana tindakan
Tabel 4.Daftar nama siswa kelas X-1 MAN Prambon
Tabel 5.Daftar nilai pra siklus
Tabel 6. Data hasil pengamatan sikap pra siklus
Tabel 7.Data nilai siklus I
Tabel 8.Data hasil pengamatan siklus I
Tabel 9.Data nilai siklus II
Tabel 10.Data hasil pengamatan siklus II
Tabel 11.Data nilai siklus III
Tabel 12.Data hasil pengamatan siklus III









DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. RPP
Lampiran 2. Soal-soal
Lampiran 3. Nilai pra siklus dan siklus
Lampiran 4. dokumentasi
Lampiran 5. Surat bukti penelitian dari MAN Prambon
Lampiran 6. Daftar konsultasi penyelesaian skripsi
Lampiran 7. Daftar riwayat hidup

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar