Thursday, June 13, 2013

Hakikat Pembelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah



 Hakikat Pembelajaran Fiqih Madrasah Tsanawiyah

Mata pelajaran Fiqih adalah bagian dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik dalam mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidupnya melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, pelatihan, penggunaan pengalaman, pembiasaan dan keteladanan.[1]
Mata pelajaran Fiqih dalam  kurikulum  MTs diarahkan  untuk  menyiapkan  peserta  didik  mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian  menjadi dasar  pandangan  hidupnya  (Way of  Life)  melalui  kegiatan  bimbingan,  pengajaran, latihan, penggunaan  pengalaman dan pembiasaan.[2]


Berdasarkan ketentuan tersebut di atas dapat dipahami bahwa pembelajaran Fiqih dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara antara lain melalui kegiatan bimbingan dan pengajaran yang dilakukan   melalui pengamalan, yakni memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktekkan dan merasakan hasil-hasil pengalaman ibadah dalam menghadapi tugas-tugas dan masalah dalam kehidupan. Sedangkan  melalui pembiasaan, yaitu dengan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan ajaran Islam dan budaya bangsa dalam menghadapi persoalan kehidupan.


[1] Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam, Standar Kompetensi Kurikulum 2004
(Jakarta:Departemen Agama RI), 42.
[2]Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah, (Jakarta: Departemen Agama RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2004), 46.

No comments:

Post a Comment