Thursday, June 13, 2013

Pengertian Metode Pembelajaran



Pengertian Metode Pembelajaran

Muzayyin Arifin mengatakan, bahwa metode adalah salah satu alat atau cara untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.[1]  Menurut Wina Sanjaya metode adalah cara yang digunakan untuk  mengimplementasikan  rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal. Adapun metode menurut Abuddin Nata dapat diartikan sebagai:
Cara-cara atau langkah-langkah yang digunakan dalam menyampaikan sesuatu gagasan, pemikiran atau wawasan yang disusun secara sistematik dan terencana serta didasarkan pada teori, konsep dan prinsip tertentu yang terdapat dalam berbagai disiplin ilmu terkait, terutama ilmu psikologi, manajemen, dan sosiologi.[2]

Berdasarkan beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa metode merupakan seperangkat cara, jalan dan teknik yang telah dirancang atau direncanakan sebelumnya dengan matang dipergunakan untuk mempermudah pencapaian suatu tujuan agar berhasil dengan maksimal. Maka dari itu diperlukan juga  pengetahuan tentang tujuan itu sendiri.
Menurut  Zakiyah Darajat,  dalam Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah,  “apabila kata metode  dirangkaikan dengan kata pembelajaran diartikan sebagai suatu cara atau sistem yang digunakan dalam pembelajaran yang bertujuan agar anak didik dapat mengetahui, mempergunakan, menguasai bahan pelajaran tertentu.”[3]
Adapun metode pembelajaran menurut Winarno Surahmad adalah

cara untuk mempermudah peserta didik mencapai kompetensi tertentu. Hal ini berlaku baik bagi pendidik  (dalam pemilihan metode mengajar) maupun bagi peserta didik (dalam memilih  strategi belajar). Dengan demikian makin baik metode, akan makin efektif pula pencapaian tujuan belajar.[4]

Berdasarkan pada uraian di atas dapat dipahami  bahwa metode pembelajaran adalah suatu  usaha atau  cara yang dilakukan oleh pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran baik berupa teori, konsep, dan wawasan kepada peserta didik dan bersifat prosedural berisi tahapan-tahapan  tertentu yang bertujuan agar mereka dapat menerima dan menanggapi serta mencerna materi pelajaran dengan mudah secara efektif  dan efisien, sehingga apa yang menjadi tujuan dari suatu pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran merupakan suatu cara yang  harus dilalui untuk menyajikan bahan pelajaran agar dapat mencapai tujuan pembelajaran.


[1]MuzayyinArifin,Kapita SelektaUmum dan Agama (Semarang:Toha Putera,1987),90.
[2]Abuddin Nata, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2009),176.
[3]Ahmad Munjin Nasih dan Lilik Nur Kholidah, Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam  (Bandung: Refika Aditama, 2009),29.
[4]Winarno Surahmad, Pengantar Interaksi Mengajar Belajar (Bandung: Tarsito,1994),80.

No comments:

Post a Comment