Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Pengembangan Pendidikan Agama Islam

--- SELALU ADA YANG BARU DI BLOG BANJIR EMBUN: "Kami Mengucapkan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Bila butuh bantuan atau ada pertanyaan silakan hubungi ke nomor 08563350350 atau kirim email ke: banjirembun@yahoo.co.id subjek: BanjirEmbun Menjawab”---

Rabu, 17 Juli 2013

Daftar Rujukan Tesis: SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM (Studi Kasus di Universitas Nusantara PGRI Kediri)


Berikut adalah link yang terkait dengan tulisan (postingan) pada halaman ini: Tesis Lengkap Karya A. Rifqi Amin



DAFTAR RUJUKAN



Abdullah, Taufik dan M. Rusli Karim.Metodologi Penelitian Agama, Suatu Pengantar. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2004.

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati.Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Aminuddindkk.Pendidikan Agama Islam untukPerguruanTinggiUmum.Bogor: Ghalia Indonesia denganUniversitasIndonusiEsaUnggul, 2005.

Anonim. “Fisiologi Manusia,” Wikipedia, (http://id.wikipedia.org/wiki/Fisiologi_manusia, diakses tanggal 12 Juni 2013).

Anonim, “Pertemuan 1: Pendahuluan.” Esa Unggul, (http://ueu6448.blog.esaunggul.ac.id/2012/08/04/pertemuan-1-pendahuluan/, 4 Agustu 2012, diakses tanggal 31 Januari 2013).

Anonim, dalamDinamikaPemikiran Islam di PerguruanTinggi, ed. Fuaduddin&CikHasanBisri (Jakarta: Logos WacanaIlmu, 1999), 179-180.

Arifin, H.M. KapitaSelektaPendidikan – Islam danUmum.Jakarta :BumiAksara, 1995.

Arifin, Imron. Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan.Malang: Kalimasada Press, 1996.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Asnawir danBasyaruddin Usman.Media Pembelajaran.Jakarta: Ciputat Press 2002.

Atiah, Husnul.ManajemenPembelajaranPendidikanAgama Islam SebagaiUpaya Guru dalamMenciptakanPesertadidikAktif di SekolahDasarNegeri 120/V TungkalHarapan,” Skripsi tidak diterbitkan. Jambi:SekolahTinggi Agama Islam ( Stai ) An – Nadwah Kuala TungkalKopertais Wilayah XIII Jambi,2010.

Aziz S.R, Abdul. “Memahami Fenomena Sosial Melalui Studi Kasus,” dalam Analisis Data Penelitian Kualitatif, ed. Burhan Bungin. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Aziz, Yahya. “Penguatan Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam  di Perguruan Tinggi Umum,” Jurnal Sosial dan Hukum ITS Surabaya 2011) IV No. 2.

Azra, Azyumardidkk.BukuTeksPendidikan Agama Islam padaPerguruanTinggiUmum, ed. MuharamMarzuki&Zulmaizarna.Jakarta: DirektoratPerguruanTinggi Agama Islam Depag RI,  2002.



Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama, Toleransi Beragama Mahasiswa (Studi Tentang Pengaruh Kepribadian, Keterlibatan Organisasi, Hasil Belajar Pendidikan Agama, dan Lingkungan Pendidikan terhadap Toleransi Mahasiswa Berbeda Agama pada 7 Perguruan Tinggi Negeri Umum Negeri).Jakarta: Maloho Jaya Abadi,2010.

Bagus, Lorens. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia, 1996.

Bawani, Imam“Metodologi Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum,” Jurnal IAIN Sunan Ampel: Media Komunikasi dan Informasi Keagamaan (1998), XII: 17-21.

Bogdan, Robert dan Steven J. Taylor. ”Kualitatif (Dasar-Dasar Penelitian)”, dalam Kualitatif, ed. A. Khozin Afandi. Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

--------. ”Pengantar Metode Penelitian Kualitatif: Suatu Pendekatan Fenomenologis Terhadap Imu-ilmu Sosial”, dalam Introduction to qualitative research methods: A Phenomenological Approach to the Social Sciences,. ed Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional, 1992.

Brodjonegoro, SatryoSoemantri.“StrategiKebijakanPembinaanPendidikan Agama Islam pada PTU,” dalamDinamikaPemikiran Islam di PerguruanTinggi, ed. Fuaduddin dan CikHasanBisri.Jakarta: Logos WacanaIlmu, 1999.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya.Jakarta: Kencana, 2009.

Dimyati.BelajardanPembelajaran.Jakarta :RinekaCipta, 2009.

DirjenKelembagaan Agama Islam Depag RI, PelaksanaanPendidikan Agama Islam di PerguruanTinggiUmum.Jakarta: DirektoratPerguruanTinggi Agama Islam, 2003.

Emzir.Analisis Data Metodologi Penelitian Kualitatif.Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Fathoni, Muhammad Kholid. Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional [Pardigma Baru]. Jakarta: Depag RI Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2005.

Fathoni, Toto danCepi Riyana. “Komponen-KomponenPembelajaran”, dalamKurikulumdanPembelajarandalamKurikulumdanPembelajaran,.Jakarta: PT. RajaGrafindoPersada, 2011.

Fathuddin, Syukri. “Pendidikan Islam,” dalam Din al-Islam: Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, ed. Yudiati Rahman. Yogyakarta: UNY Press, 2008.

Furqan, Arief. “Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam: Visi, Missi, dan Program.” (http://ditpertais.net/visi.htm diakses pada tanggal 03 April 2013).

Ganda, Yahya. Petunjuk Praktis: Cara Mahasiswa Belajar di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo, 2004.

Hadi,Sutrisno. Metodologi Research 2. Yogyakarta: Andi, 2004.

Hamalik, Oemar.  Perencanaan Pengajaran: Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Citra Aditya Bakti, 1990.

--------. Manajemen Belajar di Perguruan Tinggi: Pendekatan Sistem Kredit Semester (SKS).Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2003.

Hamidi, Metode Penelitian Kualitatif:Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press, 2010.

Hanafy, Muh. Sain. “Paradigma Baru Pendidikan Islam dalam Upaya Menjawab Tantangan Global,” Lentera Pendidikan (2009), XII No.2: 173-187.

Handini, Dinna. “Nuh: Tri Dharma Perguruan Tinggi Harus Ditumbuhkan dan Ditegakkan,” Dikti on Line, (http://wwwdikti.go.id/?p=8628&lang=id, 22 Maret 2013, diaksess tanggal 12 Juni 2013).

Handoko,Martin.MotivasiDayaPenggerakTingkahLaku.Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1992.

Hardjana, Agus M. Kiat Sukses Studi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Kanisius, 1994.

Harto, Kasinyo. Islam Fundamentalis di Perguruan Tinggi Umum: Kasus Gerakan Keagamaan Mahasiswa Universitas Sriwijaya Palembang.Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Depag RI, 2008.

Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif: untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2011.

Http://cloud.baak.unpkediri.ac.id:81/public.php?service=files&token=d3b349c0b300440323a807c77246fb4a670aa65f&file=/Siakad/manual-krs-sima.zip, diakses 03 Mei 2013.




Http://www.library.um.ac.id/free-contents/downloadpdf.php/pub/implementasi-strategi-pembelajaran-mata-kuliah-pendidikan-agama-Islam-pada-perguruan-tinggi-negeri-di-surabaya-lilik-nur-kholidah-45687-03083KI10-LILIK%20NUR%20KHOLIDAH.pdf, diakses 31 Januari 2013.



Hudojo, Heman.“TolokUkurdanSistemEvaluasiTerhadapKeberhasilanPengajaranPendidikan Agama Islam di PerguruanTinggi,” dalamDinamikaPemikiran Islam di PerguruanTinggi, ed. Fuaduddin dan CikHasanBisri.Jakarta: Logos WacanaIlmu, 1999.

Hutabarat, E.P.Cara Belajar: Pedoman Praktis untuk Belajar Secara Efisien dan Efektif. Pegangan bagi Siapa Saja yang Belajar di Perguruan Tinggi.Jakarta: Gunung Mulia, 1988.

Ibrahim, R. dkk. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawal, 2011.

Idris, Muh. “Pembaruan Pendidikan Islam dalam Konteks Pendidikan Nasional,” Lentera Pendidikan (Juni, 2009), XII No. 1: 13-32.

Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas RI Nomor: 43/DIKTI/Kep/2006 tentang Rambu-rambuPelaksanaanKelompokMatakuliahPengembanganKepribadian di PerguruanTinggi.(http://www.akademik.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/09/43-DIKTI-Kep-2006.doc, diakses 12 April 2013).

Kholidah,LilikNur.ImplementasiStrategiPembelajaran Mata KuliahPendidikan Agama Islam PadaPerguruanTinggiNegeri Di Surabaya.Disertasi tidak diterbitkan. Malang:UniversitasNegeri Malang.

Kosim, Muhammad. “Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural,” dalam Pendidikan Agama Islam dalam Prespektif Multikulturalisme, ed. Zainal Abidin dan Neneng Habibah. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta, 2009.

Langgulung, Hasan. Pendidikan dan Peradaban Islam: Suatu Analisa Sosio-Psikologi.Jakarta: Pustaka al Husna, 1985.

Laila, Riris Lutfi Ni’matul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Negeri (Studi Multi Kasus di Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang),” Tesis tidak diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2012.

Lokasi Kampus Universitas Nusantara PGRI Kediri(http://baak.unpkediri.ac.id/index.php?p=gmap, diakses tanggal 03 Mei 2013).

Madjid, Nurcholis. “Masalah Pendidikan Agama di Perguruan Tinggi Umum,” (http://www.oocities.org/fauzy70/para/p036.html, 12 April 2001, diakses 01 Pebruari 2013).

--------.“MasalahPendidikan Agama di PerguruanTinggiUmum,” dalamDinamikaPemikiran Islam di PerguruanTinggi, ed. Fuaduddin&CikHasanBisri.Jakarta: Logos WacanaIlmu, 1999.

Mansoer, Hamdan dkk., Materi Instruksional Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Direktorat Perguruan Tinggi Agama Islam Depag RI, 2004.


Marzuki, “Penanaman Nilai-nilai Akhlak Mulia di Kalangan Mahasiswa Melalui Perkuliahan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum,” Staff UNY,(http:// staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr.%20Marzuki,%20M.Ag./Dr.%20Marzuki,%20M.Ag_.%20Penanaman%20Nilai-nilai%20Akhlak%20Mulia%20di%20Kalangan%20Mahasiswa%20melalui%20Perkuliahan%20PAI%20di%20PTU.pdf, diaskes 31 Januari 2013).

Marzuki, “Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia,” Cakrawala Pendidikan (Februari 1997), XIV: 93-101.

Mastuhu.“Pendidikan Agama Islam di PerguruanTinggiUmum,” dalamDinamikaPemikiran Islam di PerguruanTinggi, ed. Fuaduddin&CikHasanBisri. Jakarta: Logos WacanaIlmu, 1999.

--------.Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam.Jakarta: Logos, 1999.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman.Analisis Data Kualitatif: Buku sumber tentang Metode-metode Baru, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992.

Moleong, Lexy J.Metodologi  Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Muhadjir, Noeng. Metodologi Penelitian.Yogyakarta: Rake Sarasin, 1994.

--------.Metodologi Penelitian: Paradigma Positivisme Objektif, Phenomenologi Interpretatif, Logika Bahasa Platonis-Chomskyist-Hegelian&Hermeneutik, Paradigma Studi Islam, Matematik Recursion-, Set-Theory&Structural Equation Modelling, dan Mixed.Yogyakarta: Rake Sarasin, 2011.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi.Jakarta: Rajawali, 2012.

--------. ParadigmaPendidikan Islam: UpayamengefektifkanPendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: RemajaRosdakarya, 2001.

--------. NuansaBaruPendidikan Islam: MenguraiBenangKusutDuniaPendidikan. Jakarta: GrafindoPersada, 2006.

Muhibbin, Zainul dkk. Pendidikan Agama Islam: Membangun Karakter Madani.Surabaya, ITS Press, 2012.

Muljono, Pudji “Kelompok Keagamaan di Kampus Perguruan Tinggi Umum: Kajian Sosiologi,” Mimbar: Jurnal Agama & Budaya (2007), XIV No. 4: 483-484.

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdarya, 2010.

Nasution, S. Metode Research: Penitian Ilmiah.Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Nurdin, Abidin. “Pendidikan Agama, Multikulturalisme & Kearipan Lokal (Internalisasi Nilai-nilai Agama pada Perguruan Tinggi Umum Menuju Kerukunan Umat Beragama),” Jurnal Penamas(2011), XXIV No. 2:175-193.

Nuryadin, “Tantangan dan Harapan pada Pendidikan Agama di PTU untuk Membangun Sumber Daya Manusia Indonesia,” http://alulum.baak.web.id/files/7.%20nuryadin%20april%202010.pdf, diakses tanggal 20 Juni 2013.

Nusibad, Laila. “Manajemen Proses PembelajaranPadaSekolahKejuruan (StudiKasus Di SMK Negeri 4 Malang),” (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/18498, diakses 05 Mei 2012)

Patton, Micael Quinn. Metode Evaluasi Kualitatif,terj. Budi Puspo Priyadi. Yogyakarta: Putaka Pelajar, 2006.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 tahun 2010 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Pratiknya, Ahmad Watik.“PengembanganPendidikan Agama Islam di PerguruanTinggiUmum,” dalamDinamikaPemikiran Islam di PerguruanTinggi, ed. Fuaduddin&CikHasanBisri. Jakarta: Logos WacanaIlmu, 1999.

Profil Perguruan Tinggi (http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/detilpt/071072, diakses 03 Mei 2012).

Putra, Nusa dan Santi Lisnawati. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Riduwan.Metode & Teknik Menyusun Tesis.Bandung: Alfabeta, 2010.

Rohmad, Ali.Kapita Selekta Pendidikan. Tulungagung: STAIN Tulungagung, 2004.

Roqib,Moh. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: Lkis, 2009.

Sabri, Ahmad. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Salim, Agus.  Teori dan Paradigma Penelitian Sosial.Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2001.

Sanjaya, Wina.KurikulumdanPembelajaran: TeoridanPraktikPengembanganKurikulum Tingkat Satuanpendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana, 2010.

--------.Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (Jakarta:  Kencana, 2011), 9-13.
--------.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2008.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sejarah Perkembangan Pendidikan Agama (PA) di Sekolah-Sekolah Umum.Blog Umy, http://blog.umy.ac.id/mariatulqiftiyah/arsip/sejarah-perkembangan-pendidikan-agamapa-di-sekolah-sekolah-umum/, diakses tanggal 20 Juni 2013.

Slameto.Belajardan Faktor-FaktoryangMempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta, 2010.

Soedarto. “Tantangan, Kekuatan, danKelemahanPenyelenggaraan PAI di PTU dalammenghadapaiGlobalisasiInformasi,” dalamDinamikaPemikiran Islam di PerguruanTinggi, ed. Fuaduddin&CikHasanBisri. Jakarta: Logos WacanaIlmu, 1999.

Strauss, Anselm dan Juliet Corbin. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif: Prosedur, Teknik, dan Teori Grounded, terj. M. Djunaidi Ghony. Surabaya: Bina Ilmu, 1997.

Subiyantoro, Arief dan  FX Suwarto. Metode dan Teknik Penelitian Sosial. Yogyakarta: Andi, 2007.

Sudjana, Nana dan Awalkusumah. Proposal Penelitian di Perguruan Tinggi: Panduan bagi Tenaga Pengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2008.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

Sudrajat, Ajat. Din-al-Islam Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: UNY Press, 2008.

Sukandarrumidi.Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.

Sukirman.ManajemenPengembangan Program PembelajaranPendidikan Agama Islam di SekolahMenengahPertamaNegeri 4 Malang,” Tesis tidak diterbitkan. Malang:Universitas Islam Negeri Maliki Malang, 2010.

--------.PengembanganKurikulum:TeoridanPraktek. Bandung, RemajaRosdakarya, 2002.

Suprayogo, Imam dan Tobroni.Metodologi Penelitian Sosial-Agama.Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Supriono, Nano. “Arti Perguruan Tinggi,” (http://www.id.shvoong.com/social-sciences/education/2124265-arti-perguruan-tinggi/,  diakses 01 Februari 2013).

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian.Jakarta: Rajawali  Pers, 2011.

Suryosubroto.Proses BelajarMengajar di Sekolah. Jakarta: RinekaCipta, 2009.

Sutopo, Ariesto Hadi dan Adrianus Arief. Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta: Kencana, 2010.

Syafaruddin dan Irwan Nasution. Manajemen Pembelajaran.Ciputat: Ciputat Press, 2005.

Syahidin.Pendidikan Agama Islam di PerguruanTinggiUmum.Jakarta: ProyekDikti, 2003.

Syakhs, Abdul Aziz Asy.KelambanandalamBelajardan Cara Penanggulangannya. Jakarta: GemaInsani.

Syarief, A. Hamid.PengembanganKurikulum. Surabaya: BinaIlmu, 1996.

Tim Penyusun Direktori Hasil Akreditasi Program Studi Tahun 2009.Direktori Hasil Akreditasi Program Studi Tahun 2009 Buku I, II, III, IV, VI, VII, IX, X Kelompok Program Studi Agama,Pertanian, Sosial, Teknik,Seni, Ilmu Kesehatan, Ekonomi, dan Pendidikan.Jakarta: BAN-PT, 2009.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Tim Penyusun.Buku Pedoman Penulisan Tesis dan Karya Ilmiah Program Pascasarjana. Kediri: Program Pascasarjana STAIN Kediri, 2011.

Tim Penyusun.Pedoman Penulisan Tesis & Karya Ilmiah Program Pascasarjana.Kediri: Program Pascasarjana STAIN Kediri, 2012.

Trianto.Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencan, 2010.

Undang-undang Nomer 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.http://lugtyasyonos3ip.staff.fkip.uns.ac.id/files/2011/12/UU-No.-2-th-1989-ttg-sisdiknas.pdf, diakses tanggal 25 Juni 2013.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003 Beserta Penjelasannya. Jakarta: Cemerlang, 2003.

Uno,Hamzah B. danNurdin Mohammad.BelajardenganPendekatan PAILKEM:PembelajaranAktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: BumiAksara, 2011.

Wahab, Rochmat.“Pembelajaran PAI di PTU; StrategiPengembanganKegiatanKokulerdanEkstraKurikuler,” dalamDinamikaPemikiran Islam di PerguruanTinggi, ed. Fuaduddin&CikHasanBisri. Jakarta: Logos WacanaIlmu, 1999.

Wahyudin dkk. “Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi,” Buku Google, (http://books.google.co.id/books?isbn=9790258623, diakses 26 Maret 2013).

Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional.Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Yewangoe, Andreas Anangguru. “Agama dan Kerukunan,” Buku Google, (http://books.google.co.id/books?id=SykwKPJfFKkC&hl=id, diakses 26 Maret 2013).

Yin, Robert K. Studi Kasus: Desain dan Metode, terj. M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Zaini, Hisyam. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi.Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development IAIN Yogyakarta, 2002.

2 komentar:

  1. pak/bu, saya ingin membaca buku Manajemen belajar pada perguruan tinggi: pendekatan SKS yang ditulis oleh Oemar Hamalik. Akan tetapi, untuk mendapatkan bukunya sudah sulit sekali. Buku tersebut saya butuhkan untuk referensi saya dalam penyusunan skripsi. Apakah saya bisa meminjam buku tersebut kepada Bapak/Ibu?
    Lailil (Mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan/Universitas Negeri Malang)

    BalasHapus
  2. iya bisa, itu di perpus STAIN Kediri kemungkinan ada

    BalasHapus