Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Pengembangan Pendidikan Agama Islam

--- BUKU MURAH (ASLI bukan FOTOCOPY-AN/BUKAN BUKU BAJAKAN): " Buku MURAH BERKUALITAS hanya Rp.47.000,- (belum ongkos kirim. Ongkos kirim diperkirakan Rp. 18.000 - Rp. 35.000 tergantung lokasi pengiriman) berjudul PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER (Yogyakarta: LKiS, 2015). Sebagai info harga buku ini di pasaran berkisar 70-90 ribu). Serta buku ini hanya dijual di toko buku daerah YOGYAKARTA saja.Info lebih lanjut hubungi: 08563-350-350 (11 digit)”---

Wednesday, July 17, 2013

KATA PENGANTAR TESIS



KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmaanirrahim

Alhamdulillah sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat dan karunia yang dilimpahkan-Nya sehingga tesis ini dapat diselesaikan sesuai dengan target. Pembahasan tesis ini adalah pengungkapan dan penemuan tentang sistem pembelajaran PAI di UNP Kediri sebagai salah satu perguruan tinggi umum. Dalam penyelesaian tesis ini tidaklah semudah pembalikan telapak tangan. Banyak kendala dan kesulitan yang bersifat teknis serta kendala akademis yang ditemukan, misalnya kesibukan subjek penelitian sebagai informan, sulitanya untuk dokumentasi lebih dalam kepada pihak BAAK, sulitnya pemenuhan tingginya frekuensi pelaksanaan observasi peran serta secara mendalam pada saat proses pembelajaran berlangsung, dan penyesuaian antara idealitas hasil penelitian dengan realitas di lapangan. 
Dengan kenyataan tersebut disadari bahwa penelitian ini belum sempurna dan butuh perbaikan secara akademis terutama pada pendalaman observasi yang perlu ditingkatkan. Walaupun demikian dalam penyelesiain tesis ini dibutuhkan pengorbanan dengan ditinggalkannya aktivitas lain yang tak kalah penting untuk tetap fokus pada penelitian agar tesis selesai sesuai target pada bulan Juni. Oleh karena itu, dari pengorbanan dan jerih payah dalam penyelesaian tesis ini maka besar harapan agar tesis ini dapat bermanfaat bagai siapa saja yang peduli kepada perkembangan ilmu pengetahuan yang dilakukan dengan jujur (tanpa plagiarisme) walaupun masih ada banyak kekurangan dan kelemahan yang ada pada tesis ini. Pada akhirnya dalam kesempatan ini disampaikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada berbagai pihak yang telah berperan dalam pemberian bantuan berupa arahan, bimbingan, dan dorongan yang diberikan selama proses penyelesaian tesis ini kepada semua pihak supaya tesis bisa diselesaikan sesuai dengan target yang ditentukan. Oleh karena itu, diucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada yang terhormat:
1.    Dr. H. Anis Humaidi, M.Ag dan Dr. Moh. Asror yusuf, MA sebagai dosen pembimbing yang menjadi insipirasi serta telah banyak berperan dalam pengorbanan waktu, tenaga, juga fikirannya dalam pengarahan, pembimbingan, dan pemberian dorongan sampai tesis ini terwujud.
2.    Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag selaku Ketua STAIN Kediri atas segala karismanya sehingga menjadi simbol kebijaksaan dalam kepemimpinannya yang berdampak pada semangat terselesaikannya tesis ini.
3.    Prof. H. Fauzan Saleh, Ph.D sebagai Direktur Program Pascasarjana STAIN Kediri yang telah berperan dalam pemberian dorongan serta kebijakan akademik PPS secara formal, disiplin, jujur (anti plagiarisme), dan serius dalam perkuliahan sehingga kebijakan ini menjadi dasar dalam penyelesaian tesis.
4.    Prof. H. Prof. Dr. H. Sutrisno, M. Ag, Prof. Dr. H. Muhaimin, M.A, Prof. Dr. H. Mujamil Qomar, M. Ag, Dr. Hj. Munifah, M.Pd, dan semua dosen lain di PPS STAIN Kediri yang telah berperan dalam pemberian ilmu pengetahuan melalui perkuliahan dan seminar, baik pemberian materi, metode, motivasi, inspirasi, dan kritikan yang menjadi pondasi ilmu pengetahuan dalam penyelesaian tesis ini. 
5.    Drs. H. Samari, SE, MM selaku Rektor UNP Kediri dan Drs. Ichsanuddin, MM selaku Wakil Rektor I UNP Kediri, yang telah berperan dalam pemberian izin dan menjadi pengarah dalam penelitian di UNP Kediri.
6.    Drs. Nur Sokhib, M.Pd.I, Drs. Suyadi, M.Pd.I, Drs. H. Khozin SM, M.Pd.I, M.M, Ridwan, S.Ag, M.Pd, Abulloh Muttaqin, S.Sos, M.Pd.I, dan dosen PAI lain di UNP Kediri yang telah bersedia dalam peluangan waktu dan untuk pemberian data yang sangat diperlukan baik melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga tesis ini punya nilai guna secara praktis.  
Selain itu sebagai bentuk ucapan terima kasih perlu juga disebutkan pada semua pihak baik perorangan maupun lembaga yang berperan secara langsung maupun tidak langsung dalam penyelesian tesis ini yaitu kepada:
1.    Maesyaroh selaku mahasiswa UNP Kediri semester VI, Rizky Ulfa mahasiswa UNP Kediri semester VIII, satpam, dan beberapa mahasiswa UNP Kediri lain yang telah banyak berperan dalam pemberian nomer hp dosen PAI, informasi penting lain, dan beberapa bantuan lain yang sangat tak terkira nilainya bagi penyelesaian tesis ini dari awal hingga akhir.
2.    Riris Lutfhi Ni’matul Laila serta Miftahul Munir sebagai Alumni Program Pascasarjana UIN Maliki Malang, dan Bu Ainul Habibah serta kakak kelas yang lainnya yang sudah menjadi Alumni PPS STAIN Kediri untuk kesedian dihubungi lewat sms maupun telepon guna sharing dalam penyelesaian tesis.
3.    Tsania Widayati sebagai alumni PAI STAIN Kediri tahun 2008 yang berperan dalam peminjaman Skripsi yang berjudul “Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kediri Tahun Pelajaran 2007-2008” sehingga menjadi inspirasi serta acuan penulis untuk diadakan pengembangan, pembandingan, dan penelahaan tentang teori-teori tentang sistem pembelajaran.
4.    Pegawai perpustakaan dan beberapa mahasiswa di STAIN Kediri, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, serta Universitas Negeri Malang yang telah berperan dalam pencarian buku sebagai referensi yang sangat berguna dalam tesis ini.
5.    Kepala MTs Darul Hikmah Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri sebagai pemimpin lembaga tempat penulis berproses dalam pengabdian yang telah berperan dalam pemberian izin meninggalkan sebagian tugas di lembaga untuk fokus pada penyelesian tesis agar segera selesai sesuai dengan yang direncanakan..
6.    Rekan-rekan di Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Darul Hikmah pada bu Kholifatul Mahfudhoh (mahasiswa UNP), bu Amin Istriananaik (mahasiswa UNP), Pak Siyar (alumni UNP), bu Yeni Kholifa, bu Eni Kusrini, dan rekan-rekan guru lain yang berada di MTs Darul Hikmah serta bu Evin (mahasiswa UNP Kediri) sebagai Pegawai MI Plus Darul Hikmah yang telah berperan dalam pemberian data, motivasi, dan dukungan moral untuk penyelesaian tesis.
7.    Pak Hamam yang telah peduli dan berperan dalam diskusi ilmu teori dan praktis tentang penelitian, Pak Edi dan Pak Mushofa yang merupakan peserta sekelas dengan penulis dalam ujian proposal tesis yang berperan dalam saling pemberian motivasi, dan rekan-rekan mahasiswa di Program Pascasarjana STAIN baik yang seangkatan, kakak kelas, dan adik kelas yang telah menjadi penyemangat.
8.    Dan pihak-pihak lain yang tidak bisa disebutkan semuanya karena keterbatasan halaman. Semoga peran serta semua pihak tersebut menjadi catatan amal baik.
Untuk yang terakhir kalinya, penulis berdoa semoga amal kebaikan dari berbagai pihak tersebut diperoleh pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Serta semoga karya tulis ini menjadi manfaat bagi siapa saja yang membacanya. Aamiin.
Kediri, 12 Juni 2013
                                                                       
                                                                                    Penulis

No comments:

Post a Comment