Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Pengembangan Pendidikan Agama Islam

--- BUKU MURAH (ASLI bukan FOTOCOPY-AN/BUKAN BUKU BAJAKAN): " Buku MURAH BERKUALITAS hanya Rp.47.000,- (belum ongkos kirim. Ongkos kirim diperkirakan Rp. 18.000 - Rp. 35.000 tergantung lokasi pengiriman) berjudul PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER (Yogyakarta: LKiS, 2015). Sebagai info harga buku ini di pasaran berkisar 70-90 ribu). Serta buku ini hanya dijual di toko buku daerah YOGYAKARTA saja.Info lebih lanjut hubungi: 08563-350-350 (11 digit)”---

Sunday, November 24, 2013

contoh Abstraksi Skripsi PAI


Lihat juga profil lengkap buku ke-2 A. Rifqi Amin berjudul "Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner"

 BUKU-BUKU KARYA A. RIFQI AMIN TERBEBAS DARI KEJAHATAN ILMIAH (UTAMANYA PLAGIASI)!!!

DOWNLOAD BAGIAN BUKU 

"PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER"

FORMAT PDF  >> di sini <<


Link Terkait buku A. Rifqi Amin:




Buku terbaru A. Rifqi Amin (pendiri Banjir Embun) berjudul: 



ABSTRAKSI SKRIPSI


AHMAD IMAM FADLUDDIN. Dosen pembimbing Dr. Ali Anwar, M.Ag. dan Iskandar Tsani, M.Ag.: Implementasi Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Madrasah Aliyah Ma’arif Pare.Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2009.


Kata kunci: Implementasi Mata Pelajaran Aqidah Akhlak, Dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak kalangan yang menilai bahwa kegagalan pendidikan agama Islam disebabkan oleh praktek pendidikan yang hanya memperhatikan aspek kognitif belaka dan mengabaikan aspek  konitif-volatif, yakni kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama. Akibatnya terjadi kesenjangan antara pengetahuan dan praktek, sehingga tidak mampu membentuk pribadi-pribadi islami.fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Ma’arif Pare Kediri? 2) Bagaimana Implementasi Mata Pelajaran Tersebut Dalam Kehidupan Sehari-hari? Sedangkan untuk tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Ma’arif Pare Kediri.2) Untuk mengetahui Implementasi Mata Pelajaran tersebut dalam  kehidupan sehari-hari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualiatatif dengan rancangan peneltitian studi kasus, sesuai dengan pendekatan ini kehadiran peneliti angat penting, karena peneliti adalah instrument kunci untuk makna yang ada, sumber data utama dalam penelitian dalam penelitian ini  adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melaui waancara observasi, dan dokumentasi. Analisis yang data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengkategorikan data. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan,  dan trianggulasi.
Dalam penelitian ini dihasilkan dua temuan:1) Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Ma’arif Pare.Peran dari seorang guru sangat penting untuk membimbing siswa dalam mengimplementasikan mata pelajaran aqidah akhlak dalam kehidupan sehari-hari baik berupa teguran, nasehat untuk siswa-siswi yang melanggar peraturan atau norma-norma agama yang tidak sesuai dengan mata pelajaran aqidah akhlak. Saling menghargai, menghormati, menyayangi, mempercayai antara keduannya sehingga dapat terjalin hubungan yang erat. Kegiatan belajar mengajar dalam mata pelajaran aqidah akhlak kebanyakan menggunakan metode ceramah yang secara penyajian materi juga menarik, antara materi yang yang disajikan guru mata pelajaran dengan dikaitkan dengan keadaan lingkungan sekitar.2 ) Implementasi Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Dalam Kehidupan Sehari-hari di Madrasah Aliyah Ma’arif Pare. Siswa-siswi di saling mengucapkan salam, bekerja sama, komunikatif, dan tekad yang tinggi untuk  mewujudkan implemnetasi aqidah akhlak yang baik. Factor pendukung dapat berupa bentuk kegiatan keagamaan dan  peraturan sekolah yang berlaku, Factor penghambat adanya perbedaan lingkungan keberagamaan dan perhatian dari orang tua siswa.

No comments:

Post a Comment