Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Pengembangan Pendidikan Agama Islam

--- SELALU ADA YANG BARU DI BLOG BANJIR EMBUN: "Kami Mengucapkan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Bila butuh bantuan atau ada pertanyaan silakan hubungi ke nomor 08563350350 atau kirim email ke: banjirembun@yahoo.co.id subjek: BanjirEmbun Menjawab”---

Kamis, 16 Januari 2014

Definisi Istilah pada Tesis


Berikut adalah link yang terkait dengan tulisan (postingan) pada halaman ini: Tesis Lengkap Karya A. Rifqi Amin


Buku berjudul  Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner (Buku ke-2 Karya A. Rifqi Amin) 

Lihat juga profil lengkap buku ke-2 A. Rifqi Amin berjudul "Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner"

 BUKU-BUKU KARYA A. RIFQI AMIN TERBEBAS DARI KEJAHATAN ILMIAH (UTAMANYA PLAGIASI)!!!

DOWNLOAD BAGIAN BUKU 

"PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER"

FORMAT PDF  >> di sini <<

Link Terkait buku A. Rifqi Amin:




Download lengkap Tesis Berjudul:
"Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus di Universitas Nusantara PGRI Kediri)"
Silakan download TESIS tersebut satu persatu di bawah ini:
-  Sebelum BAB [Download PDF]
-  BAB I [Download PDF
-  BAB II [Download PDF]
-  BAB III [Download PDF]
-  BAB IV [Download PDF]
-  BAB V [Download PDF]
-  BAB VI [Download PDF] 
-  Sesudah BAB [Download PDF]

  Definisi Istilah pada Tesis

Oleh:  

Kata kunci dan tema atau objek penelitian dalam penelitian ini adalah tentang sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum. Objek penelitian adalah sesuatu yang dijadikan pusat pengkajian dalam sebuah penelitian, atau bisa juga disebut sebagai sebuah permasalahan yang diteliti untuk diselesaikan. Jadi objek penelitian tidak punya arti yang sama dengan lokasi atau tempat yang dijadikan penelitian. Sebagaimana menurut Hamidi “objek penelitian adalah fokus, kata-kata kunci atau topik penelitiannya.”[1] Objek penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sistem pembelajaran PAI di UNP Kediri. Sebagai tindaklanjutnya guna menjadi mudah dalam pemahaman pembaca terhadap kajian penelitian yang dilakukan dan untuk terhindar dari terjadinya kesalahan dalam peningterpretasian istilah-istilah dalam judul tesis ini, maka perlu ditegaskan dan dipaparkan istilah-istilah yang sesuai dengan maksud dan subtansi tesis yang telah dirumuskan berupa istilah-istilah tersebut ke dalam beberapa pemahaman sebagaimana dirumuskan sebagai berikut:
a.    Sistem pembelajaran, adalah satu kesatuan dari beberapa komponen pembelajaran baik benda maupun non benda yang saling berkaitan satu dengan yang lain untuk bekerja sama dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
b.    Pendidikan Agama Islam; adalah upaya berdakwah dengan aktif dalam pendidikan mahasiswa agar ajaran serta nilai-nilai Islam mampu dilaksanakan dan dipahami supaya menjadi pedoman dalam setiap aspek kehidupannya yang didasarkan pada komitmen dan keimanan kepada Allah SWT sehingga syiar Islam dapat tersebar di masyarakat secara luas baik dalam bidang Bidang Pendidikan (FKIP) UNP Kediri, bidang manajemen Ekonomi, bidang Telekomunikasi dan Komputer, dan bidang-bidang ilmu lain yang ada di UNP Kediri. Selain itu diupayakan PAI bisa mencetak mahasiswa yang mampu hidup bersama dan berinteraksi secara harmonis dengan berbagai agama yang penuh toleransi namun tetap mempertahankan akidah Islamnya sebagaimana yang telah dicontohkan oleh nabi pada masa pemerintahannya di negara Madinah. Lebih rinci dalam konteks kampus UNP Kediri penyebutan mata kuliah Pendidikan Agama Islam belum terbiasa digunakan, mahasiswa lebih cenderung pada penyebutan mata kuliah Agama atau mata kuliah Agama Islam daripada mata kuliah Pendidikan Agama Islam.
c.    Perguruan Tinggi Umum; adalah Pendidikan Tinggi yang tidak berafilisasi pada ideologi agama tertentu, yang murni untuk pengembangan ilmu pengetahuan umum baik secara praktis maupun teoritis. Dalam konteks UNP Kediri pemahaman PTU adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang padanya diselenggarakan program pendidikan diploma dan sarjana. Dengan kata lain PTU merupakan lembaga pendidikan tinggi yang secara  terperinci bertujuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan umum.


[1]Hamidi, Metode Penelitian Kualitatif:Pendekatan Praktis Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian (Malang: UMM Press, 2010), 74.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar