Judul buku Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Judul buku Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner
--- SELALU ADA YANG BARU DI BLOG BANJIR EMBUN: "Kami Mengucapkan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Bila butuh bantuan atau ada pertanyaan silakan hubungi ke nomor 08563350350 atau kirim email ke: banjirembun@yahoo.co.id subjek: BanjirEmbun Menjawab”---

Monday, August 18, 2014

Buku Penangkal Penyebaran ISIS di Kampus (Perguruan Tinggi)


Baca juga:



Buku Penangkal Penyebaran ISIS di Kampus (Perguruan Tinggi)

Segera pesan buku tersebut di sini:


Prolog
Saat ini terjadi kegalauan Nasional di negara Indonesia. Bahkan bisa dikatakan tingkat kegalauan kali ini lebih tinggi dari pada kegalaun sengketa Pilpres. Tidak lain dan tidak bukan disebabkan berita hadirnya paham ISIS yang semakin menguat di negara kita. Bisa dikatakan berita tentang ISIS saat ini dipandang oleh sebagai kalangan lebih menggemparkan dari pada berita lainnya. Termasuk berita agresi “orang-orang Israel” kepada Negara Palestina.

Kenyataannya, para pihak terkait baik dari kalangan struktural dan kultural yang punya kepentingan dan bertanggung jawab menjaga Ideologi Pancasila selama ini hanya melakukan tindakan responsif bukan antisipasif (pencegahan). Selama ini seluruh pejabat Eksutif, Legeslatif, dan Yudikatif sekedar membuat atau melaksanakan aturan yang efeknya bagi masyarakat bersifat sementara saja.

Idealnya, paham ISIS dan paham-paham lainnya yang bertolak belakang dengan Ideologi Pancasila tidak hanya ditangkal saat mulai muncul gejala-gejalanya. Namun, pihak terkait juga harus melakukan tindakan nyata yang berkelanjutan, terstruktur, sistematis, dan masif sehingga efeknya bisa berjangka panjang. Misalnya, melakukan Indoktrinisasi kepada seluruh warga negara Indonesia utamanya bagi generasi muda bahwa Ideologi Pancasila sudah final.

Dengan cara itu, diharapkan dikemudian hari tidak ada lagi generasi bangsa ini yang mudah diajak untuk mengikuti paham yang bertentangan dengan Pancasila. Dengan indoktrinasi Pancasila maka mereka akan mulai kritis dan berani untuk menolak paham-paham radikal, baik itu dari Komunis maupun Liberalis. Bila itu tercapai maka bisa dikatakan setiap generasi muda bangsa ini rela untuk menjaga, mencintai, dan melindungi Indonesia dari cengkraman-cengkraman Ideologi lain.

Buku Penangkal ISIS
Bangsa manapun yang peduli terhadap kelestarian Ideologi negaranya, pasti akan melakukan pentransferan ideologi kepada generasi penerusnya melalui dunia pendidikan. Bagaimanapun dunia pendidikan formal merupakan salah satu cara yang ampuh untuk melakukan doktrinasi kepada generasi penerusnya. Oleh karena itu, alangkah idealnya bila sang guru atau Dosen sebagai “pendoktrin” harus ditingkatkan dulu kualitas ideologi Pancasilanya sebelum melakukan tugasnya.

Selain itu sebagai pengarah Idologi mahasiswanya, Dosen harus punya buku panduan. Yakni, buku pedoman tentang mekanisme penanaman nilai-nilai agama, seni, dan segala bidang ilmu yang sesuai dengan ideologi Pancasila kepada mahasiswanya. Mengingat para mahasiswa sebagai calon ilmuwan, pendidik, praktisi, pejabat, dan profesi lainnya mempunya kekuatan untuk mempengaruhi secara signifikan terhadap sebagaian kalangan masyarakat. Dengan kata lain suastu saat nanti, mereka akan menjadi contoh atau figur panutan bagai kalangan masyarakat lain.

Buku penangkal ISIS telah hadir di tengah banyaknya badai isu ISIS yang sangat memprihatinkan dan mengkhawatirkan keutuhan NKRI. Buku ini hadir sebagai jawaban atas kekhawatiran dari para tokoh agama, tokoh negara, tokoh politik, dan tokoh ekonomi akan adanya degradasi kualitas Ideologi umat Islam di Indonesia. buku ini menjawab dengan tegas dan runtut terhadap segala sesuatu yang menjadi biang kladi adanya ideologi-ideologi radikal di kampus.



Buku-buku tersebut berisi tentang:

KATA PENGANTAR ........................................................................ vii
DAFTAR ISI ......................................................................................... xv
DAFTAR GAMBAR ........................................................................ xviii
DAFTAR TABEL ............................................................................. xviii

BAB I PENDAHULUAN ............................................................. 1
A. Gambaran Ideal Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum ............................. 1
B. Kendala yang Ditemui dalam Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum ................................................ 12
C. Perbedaan Pembelajaran pada Pendidikan Jenjang Menengah dengan Perguruan Tinggi ............. 22
D. Peran Penting Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum ................................................ 24
BAB II SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ............................................................. 33
A. Pengertian Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ..................................................................... 33
B. Komponen Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ..................................................................... 38
C. Peran Penting Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ..................................................................... 43
D. Komponen Kurikulum Pendidikan Agama Islam ...... 46
E. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam .......... 48
BAB III PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM .................................. 63
A. Pengertian Perguruan Tinggi Umum ............................ 63
B. Ciri Utama Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum ................................................ 71
C. Kedudukan Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum ................................................ 74
D. Tantangan Umum Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum ...................................... 77
E. Berbagai Kemungkinan yang Mempengaruhi Pembelajaran PAI pada Perguruan Tinggi Umum ................................................................................ 81
BAB IV SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI UMUM .............................................................. 91
A. Materi Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum .................................................................... 91
B. Kompetensi Mahasiswa yang Diharapkan setelah ikut serta perkuliahan Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum .................................... 102  
C. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum .................................... 110
D. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum .................................... 119
DAFTAR PUSTAKA ......................................................................... 133
GLOSARIUM ..................................................................................... 143
INDEKS .......................................................................................... 145

0 comments:

Post a Comment