Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Pengembangan Pendidikan Agama Islam

--- BUKU MURAH (ASLI bukan FOTOCOPY-AN/BUKAN BUKU BAJAKAN): " Buku MURAH BERKUALITAS hanya Rp.47.000,- (belum ongkos kirim. Ongkos kirim diperkirakan Rp. 18.000 - Rp. 35.000 tergantung lokasi pengiriman) berjudul PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER (Yogyakarta: LKiS, 2015). Sebagai info harga buku ini di pasaran berkisar 70-90 ribu). Serta buku ini hanya dijual di toko buku daerah YOGYAKARTA saja.Info lebih lanjut hubungi: 08563-350-350 (11 digit)”---

Wednesday, October 8, 2014

Silabus Rencana Perkuliahan: Mata kuliah Inovasi Pembelajaran PAI


BUKU MURAH (ASLI bukan FOTOCOPY-AN/BUKAN BUKU BAJAKAN): Buku MURAH BERKUALITAS hanya Rp.55.000,- (belum ongkos kirim) berjudul PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER (Yogyakarta: LKiS, 2015). Sebagai info harga buku ini di pasaran berkisar 70-90 ribu). Info lebih lanjut hubungi: 0856-3350-350 (11 digit)





SILABUS RENCANA PERKULIAHAN



Salah satu tema dari Silbasu ini telah menjadi salah satu bab dari buku berjudul  Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner (Buku ke-2 Karya A. Rifqi Amin) 

Lihat juga profil lengkap buku ke-2 A. Rifqi Amin berjudul "Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner"

DOWNLOAD BAGIAN BUKU 

"PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER"

FORMAT PDF  >> di sini <<


 BUKU-BUKU KARYA A. RIFQI AMIN TERBEBAS DARI KEJAHATAN ILMIAH (UTAMANYA PLAGIASI)!!!

Link Terkait buku A. Rifqi Amin:




NAMA MATA KULIAH    : INOVASI PEMBELAJARAN PAI
ARI/JAM                              : SABTU / 14.4516.45
DOSEN PENGAMPU        : PROF. DR. H. IMAM BAWANI, MA
                                                  DR. HJ. SUTIAH, M.Pd

DESKREPSI:Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang terjadinya percepatan perkembangan IPTEKS pengaruh globalisasi yang melahirkan berbagai inovasi dan perubahan dalam dunia pendidikan Islam dalam menerapkan berbagai inovasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Mahasiswa memahami konsep, landasan, prinsip dan berbagai macam inovasi pendidikan agama islam yang sedang berkembang saat ini dan mampu mengkonstruk teori dan implementasinya dalam pendidikan dan pembelajaran PAI.

TUJUAN         :Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa memahami apa, mengapa, bagaimana mengembangkan inovasi pembelajaran PAI di lembaga pendidikan Islam:
                          1.Memahami konsep, landasan, tujuan dan prinsip-prinsip inovasi pembelajaran PAI
2. Memahami tantangan internal dan eksternal perkembangan IPTEKs dan Globalisasi dalam pengembangan PAI
3. Memahami berbagai inovasi pendidikan Agama Islam
4. Mengkonstruksi teori dan Mengembangkan berbagai model inovasi pembelajaran PAi di lembaga pendidikan Islam 

TOPIK-TOPIK DISKUSI/SEMINAR
1.       Konsep, dasar,Tujuan dan prinsip-prinsip inovasi pendidikan dan pembelajaran PAI (mas rifki)
2.       Tantangan dunia pendidikan dan implikasinya terhadap pengembangan inovasi pendidikan dan pembelajaran PAI
3.       Proses Inovasi Pendidikan dan pembeajaran PAI (Difusi dan Diseminasi inovasi, proses keputusan inovasi, Proses Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran PAI
4.       Karkateristik dan Strategi Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran PAI
5.       Model-model inovasi kelembagaan pendidikan Islam
6.       Model-Model Inovasi pengembangan Kurikulum PAI
7.       Model-Model Inovasi pengembangan Metode dan Strategi Pembelajaran PAI
8.       Model-Model Inovasi Pengembangan Sumber dan Media Pembelajaran PAI (pa abdul gofur)
9.       Model-Model Inovasi Pengembangan bahan Ajar Pembelajaran PAI (bu yuyun)
10.   Model-Model Inovasi Pengembangan Lingkungan Belajar PAI
11.   Model-Model Inovasi Pengembangan pengendalian mutu pembelajaran PAI
12.   Model-Model Inovasi pengembangan evaluasi/penilaian pendidikan dan pembelajaran PAI  (pa zuhdi)
13.   Pengembangan PAI berbasisPendidikanKarakter (Landasan filosofis, teori-teori pendidikan karakter, Model Pengembangan karakter bangsa dan PAI, Implikasi dan aplikasi Model pendidikan Karakter  (pa ratna)
14.   Pendekatan Saintifik dalam Pemelajaran PAI melaui model descavery learning, Problem Based Learning, dan Projek Based Laerning
15.   Pembelajaran PAI Terpadu/tematik integratif ( Pendekatan Monodisiplin- Intra disiplin dan transdisiplin)
16.   Pembelajaran PAI berbasis Accelerated Learning 
17.   Model danStrategiPembelajaran PAI PAIKEM (pa abu darda)
18.   Pembelajaran PAI Berbasis CTL (a. syahri)
19.   Model-Model Pembelajaran BTQ di TPQ/TPA
20.   Implementasi Quantum Teaching DalamPembelajaran PAI (pa kifa)
21.   Pembelajaran PAI Berbasis Itdan Pemanfaatan e-Learning dalamPembelajaran PAI (bu leli)
22.   PengembanganBudaya Agama DalamKomunitasSekolah (mas jadid )
23.   IntegrasiImtaq Dan IpteksDalamKurikulum Dan Pembelajaran
24.   Pengembangan Madrasah Unggulan (a. syahri)
25.   Pengembangansekolah/ Madrasah BertarafInternasional
26.   MemadukanSekolah/Madrasah Dan Pesantren, PT danPesantrenatau Sebailknya
27.   PengembanganKurikulum PAI BerbasisKompetensi
28.   Pengembangan Madrasah Terpadu
29.   Pengembangan PAI BerbasisMultikultural (mas  )
30.   PenjaminanMutu PAI di sekolah/madrasah
31.   Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intelligence
32.   Home-Schooling dalamKeluarga Muslim
33.   PengembanganSekolahBerbasisReligi (Islam)
34.   Cooperative-Learning dalampembelajaran PAI
35.   PengembanganpendidikanInklusif di sekolah/madrsah
36.   Pendekatan Moral Reasoning dalampembelajaran PAI
37.   Model-Model Internalisasidalampendidikan agama Islam

SISTEM PERKULIAHAN
- Ceramah
- Dialog
- Diskusi/Seminar
- Review dan Research – review buku dan analisis jurnal  nasional dan atau iternasional minimal 3-5

SISTEM PENILAIAN

- Kualitas Makalah & Presentasinya ....……........ 20 %
- Keaktifan Kuliah dan kontribusi dalam Seminar  20 %
- Ujian Tengah Semester ..............……………........ 25 %
- Ujian Akhir Semester ..............……………........ 35 %

Malang, 10 September  2014

Pembina,
Prof. Dr. H. Imam Bawani, MA
Dr. Hj. Suti’ah, M.Pd.

No comments:

Post a Comment