Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Kamis, 16 Januari 2014

Contoh Manfaat Penelitian pada Tesis

Terima kasih, blog Banjir Embun telah dipercaya untuk digunakan sebagai referensi karya tulis oleh beberapa akademisi dan calon ilmuwan muda. Berikut puluhan BUKTI blog Banjir Embun mendapat kepercayaan masyarakat ilmiah (ilmuwan):

<<  Puluhan bukti blog Banjir Embun mendapat kepercayaan masyarakat luas  >>

Download lengkap Tesis Berjudul:
"Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus di Universitas Nusantara PGRI Kediri)"
Silakan download TESIS tersebut satu persatu di bawah ini:
-  Sebelum BAB [Download PDF]
-  BAB I [Download PDF
-  BAB II [Download PDF]
-  BAB III [Download PDF]
-  BAB IV [Download PDF]
-  BAB V [Download PDF]
-  BAB VI [Download PDF] 
-  Sesudah BAB [Download PDF]


DOWNLOAD BAGIAN BUKU 

"PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: REINTERPRETASI BERBASIS INTERDISIPLINER"

FORMAT PDF  >> di sini <<

 
Baca juga:

1. Tesis Lengkap Karya A. Rifqi Amin (Tesis terbaik Tahun 2013)

2. Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Perguru Tinggi Umum (Buku karya A. Rifqi Amin pendiri blog Banjir Embun) 


3. Buku berjudul  Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner (Buku ke-2 Karya A. Rifqi Amin) 
Lihat juga profil lengkap buku ke-2 A. Rifqi Amin berjudul "Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner"

 BUKU-BUKU KARYA A. RIFQI AMIN TERBEBAS DARI KEJAHATAN ILMIAH (UTAMANYA PLAGIASI)!!!

Link Terkait buku A. Rifqi Amin:




Manfaat Penelitian pada Tesis
Dengan adanya penelitian ini maka sejumlah harapan atas segala hasil penelitian dapat bermanfaat dan berperan penting dalam penambahan wawasan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam bidang pembelajaran PAI di PTU. Berdasarkan analisa secara komperhensif, maka penelitian ini layak untuk dilakukan dan diperdalami karena sangat berguna serta penting bagi terwujudnya syiar Islam yang membawa kasih bagi setiap umat manusia sekaligus karena Islam adalah agama Universal. Pemaparan tentang manfaat yang diharapkan di kemudian hari dari penelitian ini secara detail adalah sebagai berikut:
1.    Manfaat teoritis
a.       Sebagai bahan utama dalam pengembangan konsep tentang sistem pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi Umum secara utuh.
b.      Sebagai penguat teori tentang Sistem Pembelajaran PAI tidak bisa berjalan sendiri, diperlukan komponen atau pengaruh lain agar hasil atau tujuan sistem pembelajaran PAI bisa tercapai.
c.       Sebagai penguat konsep tentang pentingnya forum Dosen PAI atau organisasi Dosen PAI di PTU secara formal.
d.      Sebagai penyanggah asumsi awal bahwa Perguruan Tinggi Umum cenderung pada pola pendidikan sekuler, walaupun pada kenyataannya penyelenggaraan Pembelajaran PAI belum mendapat perhatian dan pengembangan yang proposional seperti halnya mata kuliah lain.
e.       Sebagai antitesis (pembanding) dari anggapan ‘lama’ bahwa mata kuliah PAI dipandang sebagai mata kuliah yang tidak aplikatif, artinya tidak berguna bagi kepentingan hidup di dunia.
 
2.    Manfaat Praktis
a.    Manfaat untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Umum
1)   Sebagai Liteteratur Mahasiswa dalam pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam.
2)   Membuka wawasan Keagamaan Mahasiswa supaya bisa menjadi Umat beragama yang Inklusif (terbuka) dan punya toleransi terhadap keberagaman budaya, agama, dan ras yang terbentuk dari masyarakat dinamis. Dengan demikian mahasiswa mampu dalam menghargai perbedaan dan mampu hidup secara harmonis dengan berbagai macam perbedaan terutama perbedaan agama di berbagai tempat misalnya di tempat kost, kampus, masyarakat, dan dalam pergaluan remaja karena itu adalah ajaran Nabi Muhammad SAW.
b.    Manfaat untuk Dosen di Perguruan Tinggi Umum
1)   Sebagai literatur pembanding atau literatur tambahan bagi dosen PAI dalam upaya mengembangkan pembelajaran PAI.
2)   Sebagai motivasi dosen PAI dalam mengembangkan ilmu pembelajaran Pendidikaan Agama Islam.
c.    Manfaat untuk Lembaga UNP Kediri
1)   Sebagai instumen dalam pengembangan Sistem Pembelajaran PAI di UNP Kediri.
2)   Sebagai Tambahan literatur Perpustakaan Pusat UNP Kediri.
3)   Sebagai acuan bagi pengelola UNP Kediri dalam Penggalian informasi tentang pelaksanaan Pembelajaran PAI.
4)   Sebagai salah satu masukan dan informasi pendukung atau pelengkap bagi UNP Kediri dalam proses evaluasi Sistem Pembelajaran PAI.
d.   Manfaat untuk Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama Pemerintah Republik Indonesia

1)   Sebagai Informasi tentang Pelaksanaan Pembelajaran PAI di perguruan tinggi umum.
2)   Sebagai salah satu masukan dalam pengembangan sistem Pembelajaran PAI di PTU.
3)   Sebagai masukan agar pembelajaran PAI di PTU terus mengalami perkembangan dan peningkatan kualitas hingga optimal, kemudian bisa menghasilkan mahasiswa yang memiliki karakter, dan berkomitmen tinggi dalam menjaga kerukunan umat beragama dan  mampu hidup berdampingan secara harmonis dengan berbagai keberagaman suku, ras, dan agama.
e.    Manfaat untuk Semua Masyarakat yang Peduli dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan

1)   Sebagai instrumen informasi bagi Masyarakat (calon mahasiswa, orang tua calon mahasiswa, dan orang yang peduli terhadap PAI) tentang pelaksanaan pembelajaran PAI di Kediri  yang diharapkan dapat menguntungkan UNP Kediri salah satunya bisa menambah jumlah Mahasiswa
2)   Sebagai rujukan bagi praktisi pendidikan dalam mengambil sikap untuk memutuskan kebijakan dalam mengembangkan pembelajaran PAI di PTU.
3)   Sebagai literature (referensi) karya ilmiah, khususnya di bidang pembelajaran PAI di PTU.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar