--- SELALU ADA YANG BARU DI BLOG BANJIR EMBUN: "KAMI TIDAK MENGAMBIL KEUNTUNGAN MATERI DARI AKTIVITAS ANDA DI BLOG INI. BLOG BANJIR EMBUN ADALAH BLOG SOSIAL, BUKAN BLOG BERORIENTASI KEUNTUNGAN MATERI (LABA). Terima kasih atas kunjungan Anda”---

Rabu, 08 Oktober 2014

Contoh Abstrak Tesis

Link terkait dengan tesis di halaman ini:

Contoh Abstrak Tesis

Contoh Pedoman Transelitasi

Daftar isi tesis

Contoh Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lampiran

Contoh Tesis BAB I



ABSTRAK TESIS

EDI PRIYANTO, Pembimbing Dr. Hj. Munifah, M.Pd. dan Dr. Ali Anwar, M.Ag.: Implementasi Penilaian Afektif Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Negeri Kota Kediri 3, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, STAIN Kediri, 2013.

Kata kunci: Implementasi, Penilaian Afektif, Pendidikan Agama Islam.

Penilaian afektif adalah proses pemberian nilai tentang sikap, minat, perasaan, kedisiplinan, dan respon peserta didik saat proses pembelajaran. Dengan demikian cara yang dilakukan untuk mendapatkan nilai tersebut adalah dengan non-tes. Padahal pembuatan isntrumen penilaian afektif dengan cara non-tes tersebut sangat sulit untuk dilakukan dengan cara objektif. Selain itu banyak sekali ditemukan bahwa pemanfaatan nilai afektif hanya sekedar untuk pemenuhan persyaratan adminsitrasi saja. Oleh karena itu penelitian ini bermaksud untuk ditemukannya implementasi penilaian afektif rumpun atau kelompok mata kuliah PAI di MAN Kota Kediri 3.
 Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif yang bercirikan deskriptif. Alasan digunakan pendekatan ini karena tema atau objek penelitian yang dikaji dikaitkan dengan keadaan empiris lokasi penelitian telah sesuai dengan karakteristik dari penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi partisipan, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan dari subjek penelitian yang meliputi guru mata pelajaran PAI, siswa, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, dan Kepala Madrasah. Untuk efisiensi dan efektifitas maka pemilihan informan dilakukan secara tidak acak (purposive sampling). Sedang pengecekan keabsahan (kredibilitas) datanya dilakukan dengan cara uji Kredibilitas yang meliputi perpanjagan pengamatan, pengecekan teman sejawat, pengkajian referensi, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Selain itu juga digunakan pengujian Dependability dan Confirmability oleh orang yang berkapasitas di bidangnya yaitu para dosen pembimbing penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini dideskripsikan bahwa: (1) Teknik penilaian afektif yang dilakukan pada mata pelajaran PAI di MAN Kota Kediri 3 digunakan berbagai teknik yang disesuaikan dengan mata pelajaran PAI yang diampu oleh masing-masing guru. Di antara teknik penilaian yang digunakan adalah observasi tidak terstruktur, wawancara, intuisi  atau kepekaan guru, dan konversi nilai dari kognitif  ke afektif. Selain itu yang menjadi fokus utama dalam penilaian tersebut adalah diutamakan pada sikap dan minta siswa pada mata pelajaran PAI. (2) Pengolahan penilaian afektif pada mata pelajaran PAI di MAN Kota Kediri 3 tidak digunakan data-data stastitik (angka/kuantitif) yang dihimpun dari awal semester hingga akhir semester. (3) Pemanfaatan hasil penilaian afektif mata pelajaran PAI di MAN Kota Kediri 3 bertujuan untuk pemetaan atau pengkatagorian karakter, perilaku, dan permasalahan yang ada pada siswa serta hasil dari penilaian tersebut mnjadi bahan penentuan dalam kenaikan kelas. Selain itu pemanfaatan penilaian afektif hanya untuk memenuhi syarat adminsitrasi.

0 komentar:

Poskan Komentar