Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Minggu, 13 Januari 2013

EVALUASI PAI: Daftar Pertanyaan Tes Lisan (Wawancara)


Daftar Pertanyaan Tes Lisan (Wawancara)

Instrumen Daftar Pertanyaan Tes Lisan
MTs Banjir Embun Kec. Banjir Kab. Embun

Mata pelajaran                         : Aqidah Akhlak
Nama                           : .......................................................
Kelas / semester           : VII/1
Standart kompetensi    : 1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
Kompetensi dasar        : 1.1 Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
Indikator                      : Memahami akidah Islam, Melaksanakan aqidah Islam, Menjelaskan tujuan Akidah Islam
Kognitif:
1.      Apakah kamu meyakini bahwa Tuhan (sesembahan) satu-satunya umat Islam itu hanya Allah?
            A.  Jawaban siswa tegas           B. Jawaban Sesuai harapan      C. Jawaban berargumentasi benar

2.      Kapan kamu berdo’a kepada Allah?
A.  Jawaban siswa tegas           B. Jawaban Sesuai harapan      C. Jawaban berargumentasi benar

3.      Apa menurutumu manfaat memahami dasar dan tujuan akidah Islam?
A.  Jawaban siswa tegas           B. Jawaban Sesuai harapan      C. Jawaban berargumentasi benar

4.      Dari materi yang bertema “memahami dasar dan tujuan akidah Islam” ini bagian-bagian mana yang belum kamu kuasai dan bagaian mana yang sudah kamu kuasai?
A.  Jawaban siswa tegas           B. Jawaban Sesuai harapan      C. Jawaban berargumentasi benar

Psikomotorik:
1.      Tindakan apa yang telah kamu lakukan untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar meyakini bahwa Allah sebagai Tuhan satu-satunya yang harus diutamakan dan diagungkan?
A.  Jawaban siswa tegas           B. Jawaban Sesuai harapan      C. Jawaban berargumentasi benar

Afektif:
1.      Apakah tujuanmu mengerjakan ibadah agama islam (sholat, puasa, dan sodaqoh)?
A.  Jawaban siswa tegas           B. Jawaban Sesuai harapan      C. Jawaban berargumentasi benar

2.      Bagaimana jika kamu menemui kasus temanmu yang pindah agama?
A.  Jawaban siswa tegas           B. Jawaban Sesuai harapan      C. Jawaban berargumentasi benar

Pedoman Penilaian:
A    =  Memiliki nilai Maksimal 20
B     =  Memiliki nilai Maksimal 30
C     =  Memiliki nilai Maksimal 50
Kriteria skor per-soal/pertanyaan:

             <  30               =  Kurang baik
30    – 60           =  Cukup Baik
60    – 80           =  Baik
80 – 100          =  Sangat Baik

untuk instrumen lain silakan klik menu di bawah ini:

   1.      Lembar observasi (pengamatan): (a) kemampuanmembaca al-Quran, (b) kebiasaan membaca al-Quran, (c) kemampuan melaksanakanshalat, (d) Pembiasaan shalat, dan (e) perilaku peserta didik.
    5.      Buku catatan jurnal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar