Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Minggu, 13 Januari 2013

EVALUASI PAI: Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca al-Quran


 Terima kasih, blog Banjir Embun telah dipercaya untuk digunakan sebagai referensi karya tulis oleh beberapa akademisi dan calon ilmuwan muda. Berikut puluhan BUKTI blog Banjir Embun mendapat kepercayaan masyarakat ilmiah (ilmuwan):

<<  Puluhan bukti blog Banjir Embun mendapat kepercayaan masyarakat luas  >> 



Buku A. Rifqi Amin (pendiri Banjir Embun) berjudul: 


Contoh Sinopsi Buku (Sampul Belakang)




Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca al-Quran
Lembar Observasi Kemampuan Membaca al-Quran
MTs Banjir Embun Kec. Banjir Kab. Embun


Nama siswa                 :  ..................................
Mata Pelajaran            :  Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Quran           
Pokok Bahasan           :  Kemampuan Membaca al-Qur’an
Kelas/Semester            : VII/I
Hari/Tanggal               :  ..................................
Indikator                     :  Siswa mampu membaca al-quran dari aspek afeksi, kepribadian, dan   kognitif

No.
Aspek Penilaian
Skor Maksimal
Perolehan
A.
Sikap (Afektif)

..................

1.    Tampil bersih telah berwudhu
10
..................

2.    Tertib berpakain/tertutup aurat
10
..................

3.    Cara memegang/memerlakukan kitab suci saat membaca
10
..................

4.    Tidak terburu-buru saat membaca
10
..................

5.    Pososi duduk/tubuh saat membaca
10
..................
B.
Proses/keterampilan (psikomotorik)

..................

1.    Kelancaran membaca (makhroj/fasih)
25
..................

2.    Kebenaran membaca (tajwid)
20
..................

3.    Nada/irama (estetika)
10
..................
C.
Pengetahuan (Kognitif)

..................

1.     Arti/terjemahan perkata
10
..................

2.    Penjelasan isi kandungan (tema)
5
..................
Jumlah
..................
Catatan Guru:  .................................................................................................

Pedoman skor akhir:
Nilai  <  50                         =   Kurang baik
Nilai 50 – 75           =   Cukup baik
Nilai 75 – 100         =   Baik
Nilai  100 - 120      =  Sangat Baik

                                                                                           Observer/guru




                                                                                           (................................)
untuk instrumen lain silakan klik menu di bawah ini:

   1.      Lembar observasi (pengamatan): (a) kemampuanmembaca al-Quran, (b) kebiasaan membaca al-Quran, (c) kemampuan melaksanakanshalat, (d) Pembiasaan shalat, dan (e) perilaku peserta didik.
    5.      Buku catatan jurnal

2 komentar: