Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Minggu, 13 Januari 2013

Evaluasi PAI: Kuesioner/Lembar Penilaian Diri


Lembar Penilaian Diri
MTs Banjir Embun Kec. Banjir Kab. Embun

Oleh: A. Rifqi Amin

Nama siswa                 :  ..................................
Mata Pelajaran            :  Aqidah Akhlak
Pokok Bahasan           :  Kemampuan menerapkan akhlak terpuji.
Kelas/Semester            : IX/I
Hari/Tanggal               :  ..................................
Standar Kompetensi   :  1. Menerapkan akhlak terpuji pada diri sendiri
Kompetensi Dasar           :  1.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, bekerja keras, kreatif dan produktif
1.3  Menunjukkan nilai-nilai positif perilaku berilmu, bekerja keras, kreatif dan produktif
Indikator                     :   Siswa mampu melakukan akhlak terpuji mulai dari aspek afeksi, kepribadian, hingga kognitif

No.
Pertanyaan
Jawaban
Jawaban yang diharapkan
Keterangan
1
2
3
4
5
Kognitif

B

1.
Apakah kamu mencintai ilmu  pengetahuan umum dan teknologi?
2.
Apakah makna ilmu pengetahuan menurutmu?

C

3.
Apa manfaat ilmu pengetahuan bagi dirimu sendiri dan bagi masyarakat?

D

Psikomotorik

D

1.
Bagaimana langkah alternatifmu ketika mengalami kesulitan dalam menghadapi masalah belajar?
2.
Karya apakah yang telah kamu hasilkan?

A

Afektif

A

1.
Apakah ilmu pengetahuan dan teknologi yang kamu kuasai untuk kepentingan agama (seluruh umat manusia)?
2.
Apakah menurutmu dalam mencapai sesuatu  (berkarya) itu memerlukan kejujuran, keuletan, kecerdasan, ketelitian, dan mampu bertanggung jawabkan?

A

1.     Skala Nilai:
A             : Mencakup semua jawaban yang diharapkan
B             : Mencakup sebagian aspek jawaban yang diharapkan (lebih dari separuh)
C             : Mencakup kurang dari separuh aspek jawaban yang diharapkan
D             : Tidak mencakup sama sekali aspek jawaban yang diharapkan

untuk instrumen lain silakan klik menu di bawah ini:

   1.      Lembar observasi (pengamatan): (a) kemampuanmembaca al-Quran, (b) kebiasaan membaca al-Quran, (c) kemampuan melaksanakanshalat, (d) Pembiasaan shalat, dan (e) perilaku peserta didik.
    5.      Buku catatan jurnal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar