Pengembangan Pendidikan Agama Islam: Reinterpretasi Berbasis Interdisipliner

Pengembangan Pendidikan Agama Islam

--- SELALU ADA YANG BARU DI BLOG BANJIR EMBUN: "Kami Mengucapkan Terima Kasih Atas Kunjungan Anda. Bila butuh bantuan atau ada pertanyaan silakan hubungi ke nomor 08563350350 atau kirim email ke: banjirembun@yahoo.co.id subjek: BanjirEmbun Menjawab”---

Minggu, 13 Januari 2013

EVALUASI PAI: Instumen Penilaian Kemampuan Melaksanakan Shalat


Instumen Penilaian Kemampuan Melaksanakan Shalat

Lembar Observasi Kemampuan Melaksanakan Shalat
MTs Banjir Embun Kec. Banjir Kab. Embun

Nama siswa                 :  ..................................
Mata Pelajaran            :  Fiqh 
Pokok Bahasan           :  Kemampuan Melaksanakan Shalat
Kelas/Semester            : VII/I
Hari/Tanggal               :  ..................................
Standar Kompetensi   :  2. Melaksanakan tatacara salat fardu dan sujud sahwi
Kompetensi Dasar       :  2. 5 Mempraktikkan salat lima waktu dan sujud sahwi
Indikator                     :   Siswa mampu melaksanan sholat mulai dari aspek afeksi, kepribadian, hingga kognitif


No.
Aspek-aspek yang diobservasi
Skala Nilai
Keterangan
A
B
C
D
E
1.
Gerakan-gerakan Sholat (Ketrampilan):






a.  Takbiratul Ihram






b.   Rukuk






c.   Sujud






d.   Tahiyat Awal






e.    Tahiyat Akhir






f.    Salam






2.
Bacaan Sholat (Kognitif):






a.  Surat al-Fatihah






b.  Surat-surat Pendek






c.   Bacaan rukuk






d.  Bacaan sujud






e.   Bacaan Tahiyat






f.   Bacaan Salam






3.
Sikap (Afektif)






a.   Berpakaian rapi (suci)






b.Berzikir dan berdoa’a sesudah sholat






c.    Memfosukan niat shalat hanya untuk Allah






d.Khusu’ dan tuma’ninah (tidak bergurau)






Kesimpulan     :  .........................................................
Catatan Guru  :  .........................................................
Saran               :  .........................................................
Keteranga Skala Nilai:
    A     : Menguasai Dengan  Baik                 
    B     : Menguasai                
    C     : Cukup Menguasai    
    D     : Kurang Menguasai
           
            Observi                                                                        Observer/guru


          (...........................)                                                       (.......................)

untuk instrumen lain silakan klik menu di bawah ini:

   1.      Lembar observasi (pengamatan): (a) kemampuanmembaca al-Quran, (b) kebiasaan membaca al-Quran, (c) kemampuan melaksanakanshalat, (d) Pembiasaan shalat, dan (e) perilaku peserta didik.
    5.      Buku catatan jurnal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar